Toyota C-HR Resmi Mendarat, Pesaing Serius Honda HR-V cs

Rayhand Purnama, CNN Indonesia | Selasa, 10/04/2018 16:43 WIB
Toyota C-HR Resmi Mendarat, Pesaing Serius Honda HR-V cs Toyota C-HR resmi diluncurkan di Indonesia dengan banderol nyaris Rp500 miliar. (Foto: CNN Indonesia/Rayhand Purnama Karim JP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Toyota-Astra Motor (TAM) resmi meluncurkan mobil terbarunya C-HR hari ini Selasa (10/4). Mobil berjenis crossover itu pun hadir dengan harga mulai dari Rp488,5 juta.

C-HR dibalut dengan berkonsep Against Stereotype untuk menonjolkan kesan futuristik. Toyota mengklaim tunggangan terbarunya berbeda dari produk yang sudah ada. 

"Kami sampaikan apresiasi terhadap respons positif atas kendaraan ini. Kini kami bangga bisa menghadirkan All-new C-HR dengan desain stylish dan modern," kata Presiden Direktur TAM Yoshihiro Nakata di sela peluncuran di Jakarta, Selasa (10/4).

Untuk pasar Indonesia, Toyota membekali mesin bensin DOHC empat slinder berkode 2ZR-FBE berkubikasi 1.800cc. Mesin itu dikawinkan dengan transmisi CVT tujuh percepatan.


Mesin tersebut diklaim dapat menyemburkan tenaga sebesar 141 tenaga kuda pada rpm 6.400 dengan torsi maksimal 17,4 di rpm 4.000.

"Kami optimis mobil ini dapat menjadi icon baru Toyota di pasar otomotif nasional," jelas Wakil Presiden TAM Henri Tanoto di kesempatan yang sama.

Mobil ini hanya tersedia dalam satu varian dengan lima pilihan warna mulai dari single dan two tone. Sementara untuk two tone, pabrikan Jepang ini membanderolnya lebih mahal yaitu dengan harga Rp490 juta.


Henri melanjutkan bahwa mobil ini masih didatangkan utuh atau completely build up (CBU) dari Thailand. Kami targetkan mobil ini dapat terjual 100-140 unit dalam satu bulan," ucap dia.


Dengan berpenampilan crossover, bisa dikatakan mobil ini nantinya bakal berhadapan dengan Honda HR-V cs di dalam negeri. Selain HR-V, C-HR nantinya juga akan bersaing ketat dengan Honda BR-V, Toyota Rush, Daihatsu Terios, Suzuki SX-4 S-Cross, Nissan Juke, Mazda CX-3, Chevrolet Trax dan Renault Captur di segmen crossover.

Jika melihat posisi HR-V dalam data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), mobil lima penumpang HR-V masuk segmen low SUV (sport utility vehicle). (evn)