Kikuk Zuckerberg Dicecar Soal Facebook oleh Senator AS

Eka Santhika, CNN Indonesia | Rabu, 11/04/2018 09:45 WIB
Kikuk Zuckerberg Dicecar Soal Facebook oleh Senator AS CEO Facebook, Mark Zuckerberg (REUTERS/Mariana Bazo)
Jakarta, CNN Indonesia -- Tak cuma dicecar soal gosip aplikasi Facebook yang menyadap mikrofon ponsel, senator AS pun mengajukan pertanyaan yang menimbulkan kekikukan bagi CEO Facebook, Mark Zuckerberg. Senator Dick Durbin dari Illinois menanyakan beberapa pertanyaan pribadi.

"Apakah Anda nyaman untuk berbagi dengan kami nama hotel tempat menginal tadi malam?

"Um," jawab Zuck yang diikuti jeda panjang. "Tidak."


Hadirin di dalam ruangan tertawa pelan menanggapi jawaban kikuk Zuck. Senator itu kembali bertanya, "Jika mengirimkan pesan kepada orang lain minggu ini, apakah Anda akan berbagi dengan kami nama orang yang ada kirim pesan?"

"Senator, tidak, saya mungkin tidak akan mengumumkannya disini," tambahnya lagi.

Pertanyaan-pertanyaan ini dikaitkan senator itu dengan masalah privasi.

"Saya kira ini adalah inti dari ini semua, hak atas privaso, batasan atas hak privasi itu, dan berapa banyak Anda memberkannya di era Amerika modern," tambah senator itu lagi, seperti dikutip Business Insider.

Meski sebenarnya, pernyataan senator ini kurang relevan dengan kasus pelanggaran privasi Facebook.

Pasalnya, yang dipermasalahkan bukan soal memaksa orang lain mengumumkan apa yang mereka lakukan seperti yang dilakukan sang senator kepada Zuck. Sebab, di Facebook semua orang dengan bangga membagikan apa yang mereka lakukan, hingga lokasi mereka.

Tapi, sebenarnya masalah Facebook ini terkait penyalahgunaan data, yang dipercayakan ke Facebook, kepada pihak ketiga.

Jika diumpamakan, pelanggaran ini seperti membocorkan rahasia. Sebagai contoh, seorang teman mempercayakan rahasia kepada kita. Tapi, kita yang dipercayai malah diam-diam menceritakannya lagi ke teman lainnya. Pelanggaran seperti inilah yang tengah mendera Facebook.

Tak berbeda dari Indonesia, sesi dengar pendapat yang disiarkan secara langsung ini pun langsung mendapat reaksi netizen. Sebagian dari mereka menyebut bahwa para senator yang sudah cukup berumur itu tidak mengerti seutuhnya mengenai permasalahan Facebook, seperti disebutkan Time

"Anda harus membuktikan berhasil mengeposkan sesuatu di Facebook terlebih dulu sebelum mencecar pertanyaan ke Zuck," komentar akun @BrandyLJensen di Twitter.



"Sangat bagus, orang-orang yang memanggang Zuck terkait platform pengumpul data yang luas dan kompleks tidak bisa masuk ke WiFi tanpa pertolongan," tulis akun @netw3rk.



"Zuckerberg seharusnya disidang oleh para staf yang menjalankan laman Facebook para Senator," cuit akun @Phil_Lewis_



Skandal kebocoran data Facebook telah meningkatkan kecemasan sejumlah negara terkait cara Facebook mengelola data pengguna yang merupakan warga negara mereka.

Hari ini, perwakilan Facebook Indonesia pun akan menghadiri rapat dengar pendapat serupa dengan Komisi I DPR RI terkait dengan bocornya data lebih dari satu juta pengguna Indonesia ke Cambridge Analytica. (eks/eks)