Instagram Siapkan Fitur Unduh Data Pribadi

Agnes Savithri, CNN Indonesia | Kamis, 12/04/2018 10:00 WIB
Instagram Siapkan Fitur Unduh Data Pribadi Instagram menyiapkan fitur yang memungkinkan penggunanya dapat mengunduh data pribadi mereka. (Foto: Dok. Instagram)
Jakarta, CNN Indonesia -- Instagram sedang menyiapkan fitur yang memungkinkan pengguna mengunduh data dalam platform tersebut. Nantinya pengguna bisa mengunduh seluruh salinan dari semua konten yang pernah mereka unggah dalam Instagram.

Dilansir dari Reuters, juru bicara Instagram mengungkapkan hal ini dilakukan di tengah kekhawatiran global terkait privasi informasi pengguna pada platform media sosial dan jumlah data pengguna yang disimpan oleh perusahaan.

Facebook telah mengizinkan penggunanya untuk mengunduh foto, pesan, iklan yang diklik hingga log dari semua aktivitas mereka sejak 2010. Sayangnya, Instagram sebagai anak usaha belum memiliki fitur tersebut.


"Kami sedang membangun alat data portabilitas baru," ujar juru bicara Instagram melalui email kepada Reuters.
Alat ini memungkinkan pengguna untuk mengunduh data termasuk foto, video dan pesan mereka. Jika perangkat ini diluncurkan sebelum 25 Mei, maka akan membantu Instagram mematuhi undang-undang privasi Eropa yang membutuhkan data portabilitas.

Namun, hingga berita ini diturunkan, Instagram belum mengumumkan kapan waktu mereka meluncurkan fitur anyar tersebut.

Hingga saat ini, Instagram memiliki sekitar 800 juta pengguna di seluruh dunia. Secara terpisah, pada Rabu, (11/4). CEO Facebook Mark Zuckerberg menjawab pertanyaan dari anggota parlemen Amerika Serikat mengenai privasi data.
Pertanyaan ini muncul karena insiden penyalahgunaan data pengguna Facebook yang mencapai 87 juta pelanggan. (age/age)