XL Rampungkan 'Refarming' 2,1GHz Janjikan Internet Cepat

CNN Indonesia, CNN Indonesia | Kamis, 12/04/2018 15:22 WIB
XL Rampungkan 'Refarming' 2,1GHz Janjikan Internet Cepat XL telah merampungkan penataan ulang frekuensi 2,1 GHz. (Foto: Dok. Istimewa)
Jakarta, CNN Indonesia -- Operator seluler XL Axiata mengumumkan pihaknya telah merampungkan penataan ulang blok frekuensi 2,1GHz pada Rabu (11/4).

Proses penataan frekuensi 2,1 GHz telah dimulai sejak 15 Januari 2018. XL melakukan proses refarming di area Papua, Maluku, Sulawesi, dan Jawa Barat.

Jangka waktu penataan ulang frekuensi tercatat 16 hari lebih cepat dari jadwal semula yang diagendakan rampug pada 25 April 2018.


Anak perusahaan Axiata Group ini mengklaim tak menemukan kendala berarti selama proses penataan ulang.

"Kami bersyukur tidak ada kendala yang berarti selama proses eksekusi penataan ulang frekuensi berlangsung, proses eksekusi berjalan dengan lancar sesuai dengan jadwal dan jaringan tetap beroperasi secara normal," ungkap direktur teknologi XL Axiata, Yessie D Yosetya dalam keterangan resmi.

Tim teknis XL mengklaim bisa merampungkan proses refarming lebih cepat setelah berhasil melakukan hal serupa pada spektrum 1,8GHz pada awal 2016 lalu. XL juga mengklaim teknis proses penataan ulang kali ini jauh lebih sederhana sehingga bisa selesai lebih cepat.

Yessie menjanjikan rampungnya proses refarming tersebut, pihaknya menjanjikan bisa mengoptimalkan spektrum 4G untuk layanan internet yang lebih cepat.

Refarming merupakan proses penataan ulang dari penempatan blok frekuensi oleh seluruh operator. Proses ini menempatkan XL di blok 7, 8, dan 9 frekuensi 2,1 GHz. (evn)