Diproduksi di India, Harga iPhone Cuma Turun Tipis

Eka Santhika, CNN Indonesia | Selasa, 17/04/2018 07:01 WIB
Diproduksi di India, Harga iPhone Cuma Turun Tipis Ilustrasi iPhone 6s Plus (REUTERS/Robert Galbraith)
Jakarta, CNN Indonesia -- Apple akan segera memproduksi iPhone 6s Plus di India dalam dua minggu mendatang. Meski demikian, hal ini tak memengaruhi harga iPhone 6s Plus jadi lebih murah. Disebutkan, harga ponsel ini hanya akan turun 5-7 persen saja.

Ini berarti iPhone 6s Plus itu hanya akan berkurang sekitar Rp400 ribu saja. Di situs resmi Apple, iPhone 6s Plus dengan spesifikasi terendah dihargai US$499 (sekitar Rp6,2 juta).

Meski demikian, Tarun Pathak, pengamat dari lembaga riset Counterpoint menyebut bahwa hanya melakukan perakitan di India tidak akan memberi banyak pengaruh. Untuk memberi dampak lebih besar, Apple juga mesti melakukan pembuatan komponen dan pemanufakturan.

Counterpoint juga memperkirakan bahwa iPhone 6 menyumbang sepertiga dari penjualan iPhone di India. Sebelumnya, hanya iPhone SE yang dirakit oleh pabrikan India, Wistron. Namun, perakitan di pabrik itu hanya menyumbang 15 persen dari total penjualan iPhone di India.

Meski demikian perakitan lokal ini disebutkan turut membantu menopang kenaikan permintaan di India yang naik dari 10 ke 15 persen pada Desember, dan naik jadi 20 persen di Februari.

Apple dilaporkan tengah memulai pengujian produksi iPhone 6s Plus di pabrik Shenzhen YUTO Packaging Technology's di Banglore, India. Apple juga melakukan produksi di Salcomp, pabrik yang terletak di Tamil Nadu.

Yuto sebelumnya telah melakukan pembuatan charger iPhone, sementara Salcomp menangani pengepakannya, demikian ditulis TechRadar.
(eks)