Galaxy S9 Baru Keluar, Bocoran S10 Sudah Beredar di Internet

Eka Santhika, CNN Indonesia | Rabu, 18/04/2018 16:29 WIB
Galaxy S9 Baru Keluar, Bocoran S10 Sudah Beredar di Internet Ilustrasi ponsel Samsung (CNN Indonesia/Bisma Septalisma)
Jakarta, CNN Indonesia -- Samsung dilaporkan telah menyelesaikan desain untuk Galaxy S10 yang rencananya akan meluncur pada kuartal pertama 2019. Bocoran ini keluar tak lama setelah Galaxy S9 meluncur pada akhir Februari lalu.

Salah satu sumber menyebut kalau Galaxy S10 ini akan jadi perayaan 10 tahun seri Samsung Galaxy S. Ponsel ini akan dilengkapi dengan pemindai sidik jari bawah layar (under display fingerprint) dan kamera 3D sensing seperti milik iPhone X.

Galaxy S10 dan S10 plus juga akan memnggunakan rancangan layar Infinity Display dengan pinggiran tipis dengan rasio 18,5:9.
Selain itu ponsel ini juga diduga akan memiliki layar yang sedikit lebih besar. Sebelumnya, Galaxy S9 dan S9+ menggunakan layar 5,77 inci dan 6,22 inci.


Diperkirakan S10 akan menggunakan 5,3 inci dan S10+ menggunakan layar 6,3 inci, demikian dilaporkan media asal Korea Selatan, The Bell.

Sementara untuk fitur pengenalan wajah dengan sensor 3D bisa diwujudkan dengan kerjasama Samsung dengan Mantis Vision dan Woodgate.

Mantis adalah perusahaan perintis (startup) asal Israel, sementara WoodGate adalah pemanufaktur komponen kamera lokal. Diperkirakan pengenalan wajah 3D Samsung akan bisa menyamai kecanggihan iPhone X.

Satu perubahan besar yang bisa dilihat di Galaxy S10 dan S10 Plus adalah dihilangkannya pemindai sidik jari dalam bentuk fisik. Sebagai gantinya, pengguna bisa memindai sidik jari mereka hanya dengan menempelkan jari di layar.

Samsung bekerjasama dengan Qualcomm dan Synaptic untuk menanamkan teknologi ini di ponsel S10 dan S10+ mereka. Sementara komponen pemindai sidik jari akan diambil dari Aegis Tech, pemanufaktur asal Taiwan.

Laporan teranyar juga menyebut bahwa Galaxy S10 dan S10+ juga kemungkinan akan menggunakan chipset Exynos 9820.

Produksi Infinity Display untuk Galaxy S10 ini diperkirakan akan dimulai pada November. Samsung biasanya melakukan peluncuran disekitar konferensi Mobile World Congress (MWC).

Jadi, diperkirakan perangkat ini akan meluncur pada Februari tahun depan, seperti diberitakan GizmoChina.
(evn/eks)