IIMS 2018

'Jokowi, Presiden Indonesia Multimoda Transportasi Pertama'

Christie Stefanie, CNN Indonesia | Kamis, 19/04/2018 09:58 WIB
'Jokowi, Presiden Indonesia Multimoda Transportasi Pertama' Jokowi mengendarai motor trail saat meninjau jalur Trans Papua. (Foto: Humas Seskab/Jay)
Jakarta, CNN Indonesia -- Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto memuji Joko Widodo sebagai presiden Indonesia pertama yang mengendarai multimoda transportasi selama memimpin.

"Jadi ada truk RI 1, motor juga RI 1, yang terakhir custom bike RI 1," ucap Airlangga sesaat jelang pembukaan pameran otomotif  Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018 di JIExpo, Kemayoran, Jakarta, Kamis (19/4) pagi.

Jokowi dalam sejumlah kunjungan kerja ke daerah terlihat mengendarai beragam alat transportasi, mulai dari motor trail hingga truk.


Saat itu, ia mengendarai sendiri truk berplat RI 1 ketika meresmikan tol di Lampung. Sementara seorang Paspampres hanya duduk di kursi penumpang untuk mendampinginya.

Moda lainnya adalah motor trail kepresidenan ketika berkunjung ke Papua tahun lalu. Mantan Wali Kota Solo ini mengecek langsung pembangunan jalan Trans Papua dengan mengendarai motor trail bersama Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo dan Kapolri Jenderal Tito Karnavian.

'Jokowi, Presiden Indonesia Multimoda Transportasi Pertama'Jokowi mengendarai motor chopper custom saat kunjungan kerja ke Sukabumi. (Foto: ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari)

Motor chopper custom hasil kolaborasi rumah modifikasi Kick Ass Chopper dan Elders Garage jadi yang terakhir dikendarai Jokowi.

Kendaraan yang pertama kali dikendarai di sekitar Kompleks Istana Kepresidenan kemudian dipakai dalam kunjungan kerja ke Sukabumi pekan lalu.

Motor seharga Rp140 juta dipakai berkeliling mulai dari kantor Kecamatan Bantar Gadung dan menempuh jarak sekitar 30 kilometer.

Jokowi juga sempat unjuk kebolehan mengendarai motor listrik ketika mengunjungi suku Asmat.

Oleh sebab itu, Airlangga meyakini pengusaha otomotif terutama yang lokal tidak khawatir terhadap usahanya di era persaingan global.

"Industriawan otomotif jangan khawatir karena hati Pak Presiden ada di sektor ini," pungkasnya. (evn/evn)