IIMS 2018

Simak Perubahan Suzuki Ertiga Baru

Rayhand Purnama, CNN Indonesia | Jumat, 20/04/2018 13:32 WIB
Simak Perubahan Suzuki Ertiga Baru Suzuki Ertiga baru debut dunia di IIMS 2018. (CNN Indonesia/Rayhand Purnama Karim JP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Suzuki Ertiga baru belum punya harga resmi ketika pertama kali muncul ke hadapan publik melalui acara Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018.

Hasil penelusuran CNNIndonesia.com, harganya akan naik Rp10-Rp15 juta dari model lawas. Saat ini Ertiga dijual mulai Rp190 - Rp231 juta.

Sebelum mengulas perubahan desain eksterior dan interior serta mesinnya, simak dulu perubahan dimensi mobil keluarga kapasitas tujuh penumpang tersebut. Dalam keterangan Suzuki bahwa panjangnya bertambah 130 mm, atau menjadi 4.395 mm.


Sementara bodinya melebar sebesar 40 mm menjadi 1.735 mm. Sedangkan tingginya 1.690 mm, atau turun dari sebelumnya, yaitu 1.695 mm. Suzuki juga mengubah ground clearance dari sebelumnya 185 mm menjadi 180 mm.
Suzuki Ertiga baruSuzuki Ertiga baru (CNN Indonesia/Muhammad Ikhsan)
Perubahan tidak berlaku untuk jarak poros roda atau wheelbase yang tetap sepanjang 2.740 mm dan radius putar masih 5,2 meter.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, Suzuki Ertiga 2018 terbukti menggunakan platform heartect generasi terbaru yang diklaim lebih ringan kuat dari struktur sebelumnya. Selanjutnya platform dikaitkan dengan suspensi tipe strut di depan dan Macpherson di belakang.

Bodi baru terlihat jelas perubahannya pada fasia depan, samping dan belakang. Lampu depan Ertiga kini lebih ramping dan mengapit gril dengan aksen krom. Dan untuk menempatkan lampu kabut telah menyuguhkan desain baru yang lebih besar.

Beranjak ke bagian samping, MPV Ertiga baru dengan garis bodi lebih dinamis mengikuti desain wajahnya. Untuk jendela dibuat ramping mengikuti atap baru yang lebih rendah di bagian belakang.
Finishing Ertiga baru di bagian belakang nampak lebih memperhatikan estetika sebuah MPV, yakni lampu belakang lebar dan tersimpan LED. Bumper belakang mengalir desain dinamis menciptakan gaya baru.

Interior all-new Ertiga memberikan kesan elegan dan nyaman dengan bahan berkualitas. Perpaduan plastik dan panel pola kayu di dasbor dan pintu depan memberikan nuansa baru di kelasnya.

Untuk layout kursi penumpang tidak ada perubahan, Suzuki Ertiga 2018 masih menggunakan kursi baris kedua dan ketiga yang bisa dilipat 50:50.

All-new Ertiga memiliki ruang bagasi sebesar 199 liter ketika papan bagasi diturunkan ke bawah, dan tersedia sebesar 153 liter ketika papan bagasi digunakan yang artinya 40 liter lebih banyak dari pendahulunya.
layout kursi baris kedua dan ketiga 50:50Layout kursi baris kedua dan ketiga 50:50. (CNN Indonesia/Rayhand Purnama Karim JP)
Demi keselamatan penumpang, Ertiga diperkuat airbag SRS, TECT (total effective control technology) ISOFIX, hill hold control, ESP, ABS, EBD.

Sentuhan paling menarik pada bagian mesin. Suzuki Ertiga kini mengandalkan mesin K15B kapasitas 1.462cc empat silinder 16 katup. Mesin ini mampu menyemburkan tenaga 77 kW (103 tenaga kuda) pada RPM 6.000 dan torsi 138 nm pada RPM 4.400. Mesinnya dikencani dengan transmisi manual lima percepatan dan otomatis empat percepatan.

Dalam uji internal, Ertiga manual dapat melaju hingga kecepatan maksimal 180 km per jam, dan tipe otomatis sanggup bergerak hingga 175 km per jam.

Untuk diingat, produksi dan penjualan Ertiga generasi pertama dimulai di Indonesia dan India pada 2012. Per Februari 2018, sebanyak 676.000 unit Ertiga telah terjual baik pasar domestik, India maupun ekspor ke lebih dari 70 negara. (mik)




BACA JUGA