Fitur Baru di Android P Permudah Atur Perangkat Bluetooth

Kustin Ayuwuragil, CNN Indonesia | Senin, 23/04/2018 07:16 WIB
Fitur Baru di Android P Permudah Atur Perangkat Bluetooth Ilustrasi Android (REUTERS/Gustau Nacarino)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pengguna Android P nantinya bisa menyimpan pengaturan volume tiap perangkat yang terhubung lewat bluetooth. Fitur ini akan mengingat pengaturan volume saat terakhir digunakan. Pengaturan volume setiap perangkat bluetooth itu akan dicatat ke telepon pengguna.

Misal, ketika ponsel terhubung dengan speaker bluetooth di kamar, ia pun mengingat pengaturan volume terakhir yang digunakan. Begitu pengguna berganti ke headset, ia pun akan menggunakan pengaturan volume terakhir.

Sehingga, pengguna tak perlu lagi mendengarkan musik terlalu kencang atau terlalu lirih saat berganti dari speaker ke headphone atau sebaliknya. Hal itu berkat fitur yang dinamai 'Implement Bluetooth device volume memory' tersebut.


Pembaruan ini disebut sebagai kontrol volume cerdas. Pengaturan ini akan sangat berguna terutama bagi mereka yang sering mendengarkan musik di ponsel melalui perangkat audio bluetooth, baik speaker, earphone, atau headset.

Pembaruan ini telah disetujui dan diterapkan ke Android. Dia akan diluncurkan di salah satu pratinjau pengembang Android P yang akan segera dirilis pada Google I/O di Mei, demikian diberitakan XDA Developers.
Sementara itu, kemampuan ini sudah ada di iOS sebelumnya. Paling tidak, pengguna Android juga akan memiliki kenyamanan yang sama.

Android P sendiri disebut lebih baik dari iOS 12 yang hanya membawa perubaha di level permukaan saja. Pada versi betanya, Android P disebut sudah berjalan dengan mulus menurut TechRadar. (eks/eks)