Suzuki Mulai Genjot Produksi Massal Ertiga

Rayhand Purnama, CNN Indonesia | Minggu, 22/04/2018 17:30 WIB
Suzuki Mulai Genjot Produksi Massal Ertiga Suzuki Ertiga baru debut dunia di IIMS 2018. (CNN Indonesia/Rayhand Purnama Karim JP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Suzuki Ertiga terbaru akhirnya diproduksi secara massal. Peresmian produksi pertamanya dilakukan di pabrik Suzuki kawasan Cikarang, Jawa Barat selang satu hari usai diluncurkan pada Jumat (20/4).

Kazuo Hakamata, Vice President Director Suzuki Indomobil Motor (SIM) mengatakan bahwa acara seremonial pemotongan pita menjadi penanda produksi mobil berjenis multi purpose vehicle (MPV) ini dimulai.

"Dengan berlangsungnya acara ini menandai permulaan produksi All New Ertiga di Pabrik Cikarang," kata Hakamata dalam keterangan resminya, Sabtu (21/4).


Ia menaruh harapan agar produk terbaru Suzuki itu bisa diterima oleh konsumen di dalam negeri.

Suzuki Ertiga terbaru diluncurkan secara resmi bersamaan dengan perhelatan hari pertama Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018. Namun, Suzuki belum menyertakan harga pasti dalam peluncurannya itu.

Informasi soal harga kemudian diperoleh dari penjaga booth Suzuki yang menyebut Ertiga terbaru akan dipasarkan Rp9 juta lebih mahal dari generasi sebelumnya.

Suzuki Mulai Genjot Produksi Massal ErtigaFoto: Foto: CNN Indonesia/Muhammad Ikhsan

Terpisah, Direktur Pemasaran Suzuki Indonesia Sales (SIS) Donny Saputra mengaku optimis bahwa mobilnya itu bisa mendongkrak penjualan Ertiga. Suzuki menargetkan Ertiga menyentuh angka penjualan lima ribu unit per bulan, dari rata-rata sebanyak tiga ribuan unit buat pasar dalam negeri.

Ertiga generasi anyar banyak berubah mulai dari tampilan yang lebih elegan dan bentuk yang lebih besar dan panjang dari model sebelumnya.

All New Ertiga memiliki panjang 130 milimeter. Dampaknya adalah ruang kaki, kepala, dan bagasi menjadi lebih luas. Sementara bodinya melar 400 milimeter menjadi 1,7 meter.

Dari sisi interior, fitur, hingga dapur pacu kini telah dibekali mesin berkapasitas hingga 1.500 cc.

Meski belum mengumumkan harga pasti, SIS menyebut masyarakat yang berminat bisa memesannya dengan membayar uang tanda jadi Rp5 juta. Bagi yang telah melakukan pembayaran uang tanda jadi, SIS menjanjikan proses pengiriman Ertiga akan dimulai 12 Mei mendatang. (evn)