IIMS 2018

Astra Honda Siapkan Vario dan BeAT Hybrid

Rayhand Purnama, CNN Indonesia | Senin, 23/04/2018 11:58 WIB
Astra Honda Motor (AHM) memberi sinyal akan menyediakan Vario dan BeAT hybrid mengikuti teknologi yang digunakan PCX hybrid. Honda Vario disebut-sebut akan mengusung teknologi hybrid. (CNN Indonesia/Rayhand Purnama Karim JP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Astra Honda Motor (AHM) memberi sinyal akan menyediakan Vario dan BeAT hybrid mengikuti teknologi yang digunakan PCX hybrid yang diluncurkan pekan lalu di Indonesia International Motors Show 2018.

Presiden Direktur AHM Toshiyuki Inuma mengatakan bahwa pihaknya telah berkoordinasi dengan tim research and development (RnD) Honda mengenai strategi tersebut. Jika ini terwujud maka Vario atau BeAT adalah sepeda motor roda dua pertama di dunia dengan harga di bawah Rp25 juta yang memiliki sistem hibrida.

"Kami sudah meminta untuk mengasah kemampuan teknologi yang dimiliki oleh RnD Honda agar nantinya membuat hibrid Vario atau BeAT sehingga bisa mengadopsi kebaikan hybrid kami," kata Inuma di Kemayoran, Jakarta Pusat pekan lalu.
Seperti diketahui, AHM mengklaim sebagai produsen roda dua pertama di dunia yang melansir skuter dengan sistem hibrida melalui PCX. PCX hybrid sendiri bakal dirakit lokal di pabrik AHM Cikarang, Jawa Barat.


Skutik racikan anak bangsa ini memiliki teknologi hybrid yang akan bekerja saat selongsong gas diputar. Motor assist yang ditenagai baterai lithium-ion ini akan meningkatkan torsi sehingga membuat sensasi akselerasi lebih responsif.

PCX hybrid masih menggendong mesin konvensional berkubikasi 149,3cc. Bedanya PCX hybrid memakai baterai yang terdiri dari beragam tipe, seperti di antaranya MF tipe 12 volt dan lithium-ion tipe 50.4 volt - 4 Ah.
Dengan kolaborasi antara kedua sektor tersebut, tenaga yang dihasilkan dapat mencapai 14,4 tenaga kuda pada 8.500 rpm dan torsi maksimal 13,2 nm pada 6.500 rpm. AHM akan menjual skutik PCX hybrid mulai semester II 2018 di kisaran harga Rp40 jutaan.

PCX murni listrik

Selain teknologi mesin hibrida, Inuma menjelaskan jika AHM memiliki rencana akan menjadikan PCX hybrid sebagai skuter bertenaga murni listrik. Ia pun mengaku sudah menyampaikan rencana tersebut kepada Presiden Joko Widodo.

"Dan saat mendapat kunjungan dari Presiden saya sudah menjelaskan bahwa kami sedang mempelajari PCX elektrik," ujarnya.
Ke depan Honda ingin berkontribusi lebih terhadap kebersihan lingkungan dengan menciptakan sepeda motor tanpa emisi gas buang.

"Kami sudah mengembangkan PCX kami yang berbahan bakar bensin dan juga menyumbang keiritan terhadap bahan bakar dan memberikan keramahan lingkungan. Kami juga me-challenge agar model ini lebih baik, termasuk juga untuk PCX ev (electric vehicle/kendaraan listrik) kami," imbuh Inuma. (mik)
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK