Traga, Pikap dengan Mesin Isuzu Panther

Rayhand Purnama, CNN Indonesia | Senin, 23/04/2018 15:12 WIB
Traga, Pikap dengan Mesin Isuzu Panther Pikap Traga menggunakan mesin Isuzu Panther. (CNN Indonesia/Rayhand Purnama Karim JP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Isuzu Astra Motor Indonesia kembali meramaikan segmen mobil komersial dengan meluncurkan pikap Traga yang menggunakan mesin mobil penumpang.

Spesifikasi mesin yang digunakan memiliki kesamaan dengan mesin mobil penumpang atau MPV (multi purpose vehicle), Isuzu Panther.

Isuzu Traga dilengkapi dengan mesin 4JA1-L 4 Cycle Direct Injection dengan turbocharge kapasitas 2.499cc. Besaran tenaga yang dikeluarkan juga serupa, yaitu dapat menyemburkan tenaga 78,9 tenaga kuda pada rpm 3.500 dan 19,5 Kgm pada rpm 1.800.
Sementara mesin itu dikawinkan dengan transmisi manual lima percepatan model Muass yang diadopsi dari mobil Isuzu lainnya, yakni D-Max.


"Kami pakai mesin yang sama dengan kepunyaan Isuzu Panther. Mesin ini sudah terkenal dengan tangguhnya," kata Produk Expert Isuzu Astra Motor Indonesia Eddy J Oekasah di Jakarta, Senin (23/4).
Pikap Traga dijual Rp190 juta.Pikap Traga dijual Rp190 juta. (CNN Indonesia/Rayhand Purnama Karim JP)
Berada di kelas medium pikap, Traga pun diklaim memliki bak terbuka yang lebih luas jika dibandingkan dengam mobil sekelasnya. Mobil ini memiliki panjang bak 2.810 mm, lebar 1.620 mm dan ruang kargo 4,6 meter persegi.
Daya angkut pikap Traga cukup banyak, yaitu bisa mengangkut 60 galon, atau lebih banyak 12 galon dari kompetitor. Sementara kabinnya di dalam telah menganut desain modern yang dilengkapi blower, sistem audio serta analog cluster.

Di Indonesia, harga Traga Rp190 juta sudah berstatus on-the-road Jakarta. Isuzu Traga hadir untuk menyangingi Mitsubishi L300, Kia K2700 dan Hyundai H-1. Isuzu pun menargetkan penjualan sampai akhir tahun di dalam negeri sebanyak 3.000 unit.

"Kalau SPK sampai sekarang yang kami catat sudah sebanyak 300-an," kata Presiden Direktur Isuzu Astra Motor Ernando Demily.
Pasar Ekspor

Selain untuk pasar domestik, Isuzu Traga yang 100 persen dirakit di pabrik Isuzu di Karawang, Jawa Barat itu juga untuk memenuhi pasar ekspor. Namun hingga saat ini pihak Isuzu Indonesia masih melihat kemungkinan negara mana yang akan dituju.

"Kami sasar bukan negara maju seperti Jepang dan lainnya, tapi negara berkembang. Kami tidak bisa sebutkan negara mana, kalau sudah jadi (ekspor) bakal kami umumkan," tutup Ernando. (mik/mik)