5 Tips Beli Kendaraan di Pameran Otomotif

Tim CNN Indonesia | CNN Indonesia
Jumat, 27 Apr 2018 19:37 WIB
Jangan terburu-buru membeli mobil baru di pameran otomotif jika tidak ingin kecewa dan salah memilih kendaraan idaman. Pameran otomotif IIMS 2018 menampilkan deretan mobil dan motor baru. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pameran otomotif bagi sejumlah masyarakat waktu yang tepat untuk mencari mobil atau motor baru. Di sana kita bisa leluasa memilih kendaraan yang diinginkan.

Namun, sebaiknya kita banyak mencari berbagai informasi yang lengkap mengenai kendaraan yang akan dibeli. Bila sudah yakin, tak ada salahnya langsung mendatangi pameran untuk membeli kendaraan idaman.

Membeli kendaraan di pameran otomotif harus penuh pertimbangan. Jangan sampai kita malah salah dalam memilih. CNNIndonesia.com merangkum ritual yang tepat sebelum membeli kendaraan di pameran untuk kebutuhan sehari-hari.
1. Tentukan anggaran dan mobil sesuai kebutuhan


Menentukan anggaran pembelian mobil hal utama sebelum menjalani tahap selanjutnya. Sesuaikan harga mobil atau motor yang dibeli dengan isi kantong, baik pembelian tunai atau kredit. Saat ini tersedia mobil jenis MPV, SUV bahkan sedan dan motor jenis bebek, sport atau naked bike dengan rentang harga belasan juta sampai ratusan juta rupiah.

Selanjutnya setelah memilih kendaraan sesuai budget, kita harus menentukan kendaraan sesuai kebutuhan.

2. Cari informasi di internet

Lakukan pencarian kendaraan di internet. Pastikan model yang akan dibeli dan mulai mencari spesifikasi, model atau jenis, harga barunya, kekurangan dan kelebihannya. Memiliki rencana matang untuk membeli kendaraan adalah yang paling tepat, dan jangan sampai kita kebingungan menentukan kendaraan yang akan dibeli begitu sampai di pameran.
3. Tanya teman atau saudara

Guna menambah yakin diri sendiri tentang kendaraan yang akan dibeli tak ada salahnya bertanya ke kerabat atau saudara. Lebih bagus apabila ada kerabat atau teman menggunakan kendaraan yang akan kita beli. Kita bisa bertanya kelebihan dan kekurangannya. Langkah itu tentu akan sangat membantu dalam menentukan produk.

4. Layanan servis yang luas

Selain membeli kendaraan, kita harus yakin kendaraan yang kita beli ditopang layanan purna jual yang luas supaya kita tidak kebingungan ketika hendak servis kendaraan. Untuk poin ini, kita bisa mencari di internet berapa jumlah dealer resmi. Sebisa mungkin dapat informasi yang jelas untuk memudahkan mengatur jadwal servis dan memilih dealer terdekat.
5. Lakukan test drive

Setelah empat poin terpenuhi, sebaiknya manfaatkan kesempatan test drive kendaraan di area yang telah disediakan. Sebisa mungkin kita menikmati kendaraan sebelumnya akhirnya memutuskan untuk membeli. (mik/mik)
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER