Tips Memaksimalkan Fitur Kamera iPhone

Agnes Savithri, CNN Indonesia | Sabtu, 28/04/2018 10:48 WIB
Tips Memaksimalkan Fitur Kamera iPhone Ilustrasi. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan untuk memotret menggunakan iPhone. (dok. Unsplash/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia -- Mengabadikan momentum dan membagikannya di media sosial kini telah menjadi sebuah 'kewajiban'. Kebiasaan ini pun dijadikan sebuah peluang bisnis bagi vendor ponsel.

Hampir seluruh produsen ponsel pintar berlomba-lomba untuk menanamkan kamera tercanggih dalam perangkat. Salah satunya Apple melalui iPhone.

Ponsel premium ini memang berbeda dengan Android yang berlomba memberikan megapixel besar. Ponsel pintar iPhone terkenal dengan resolusi terbatas, namun hasil maksimal.


Apple telah membenamkan beberapa fitur yang membantu pengguna iPhone untuk memaksimalkan hasil fotonya tanpa bantuan aplikasi kedua. Berikut beberapa tips memaksimalkan fitur kamera iPhone.

1. Foto Panorama
Ketika bepergian ke tempat yang memiliki pemandangan indah, tak jarang pengguna ingin mengambi gambar sempurna tanpa terpotong. Tak banyak yang sadar bahwa kamera iPhone telah dibenamkan fitur Panorama sehingga pengguna tak perlu install aplikasi lain.

Pengguna tinggal masuk ke kamera iPhone, pilih menu Panorama. Arahkan kamera ponsel ke objek yang hendak diambil. Kemudian gerakan perlahan sesuai panah yang diarahkan dalam kamera.

Hasilnya, pengguna bisa mendapatkan hasil foto panorama dengan mudah.

2. Slow Motion
Fitur video slow-motion akhir-akhir ini mulai populer. Fitur ini membuat video yang dibuat berakhir dramatis. Adegan cepat yang terekam dapat dibuat menjadi bergerak pelan.

Pengguna tinggal menggeser kamera ke modus slow-mo. Arahkan kamera ke objek video. Namun, perlu diperhatikan, pengguna harus cepat mengejar momentum yang ingin diabadikan.

Pasalnya, jika terlambat maka momentum yang ingin direkam akan hilang.

3. Time Lapse
Fitur time lapse pun sudah terbenam dalam kamera iPhone. Sebagian pengguna mungkin belum menyadari dan memakai aplikasi pihak kedua seperti Hyperlapse.

Fitur ini cocok untuk merekam momentum yang bergerak lambat, namun ingin dibuat cepat seperti matahari terbit dan terbenam. Memang kekurangan fitur bawaan ini adalah waktu kecepatan tak bisa diatur dan mengikuti yang disediakan ponsel.

4. Burst
Bagi pengguna yang ingin mengambil foto banyak dengan cepat. Pengguna tinggal menekan tombol kamera dan jangan dilepas. Hasilnya, puluhan frame akan tersimpan dalam ponsel.


5. Live
Berbeda dengan pengguna Android, iPhone memiliki fitur foto Live. Pengguna harus memilih modus Photo dan mengaktifkan mode Live.

Ketika hasil sudah tersimpan di gallery, pengguna tinggal swipe up foto dan memilih hasil foto live seperti apa yang dikehendaki. Apple menyediakan empat hasil yakni live, loop, bounce dan long exposure. (age/evn)