IIMS 2018

Senyum Palsu 'Usher' di Pameran Otomotif

Rayhand Purnama, CNN Indonesia | Senin, 30/04/2018 12:54 WIB
Senyum Palsu 'Usher' di Pameran Otomotif Usher tetap menjaga senyum kepada para pengunjung pria yang menggodanya. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Jakarta, CNN Indonesia -- Usher sangat lumrah di pameran otomotif yang kerap dijadikan pemanis untuk menarik para pengunjung. Menjadi usher ternyata banyak macam godaan, termasuk dari pria pengunjung pameran.

Seorang usher Suzuki, Novita Sari mengaku bahwa dirinya tak pernah lepas dari godaan, bahkan sesekali tersinggung karena perkataan pengunjung yang pernah menganggap dirinya adalah bonus dari pembelian produk.

"Mau tidak mau. Saya paling bilang 'bukan gitu bapak atau mas' misal ada yang godain. Tapi saya tetap senyum," kata Novita Sari saat ditemui di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018, Kemayoran, Jakarta.
Novita Indah raih Miss IIMS 2018Novita Indah raih Miss IIMS 2018 (CNN Indonesia/Rayhand Purnama Karim JP)
Novita adalah usher yang meraih titel 'Miss Motor Show 2018'. Wanita kelahiran 9 November 1995 itu menjelaskan sudah terbiasa dengan rayuan para pengunjung khususnya kaum adam yang menganggap remeh para wanita yang berdiri di samping mobil atau motor.


Menurutnya, situasi itu tidak bisa dihindari karena sebagian pengunjung melihat penampilan para usher yang terbilang sexy dengan pakaian yang serba ketat.

"Karena mungkin pakaian, lalu mungkin (mereka) banyak yang mikir (usher itu) cuma cantik saja," tegas Novita.

Tidak hanya Novita yang merasakan guyonan nakal dari para pengunjung. Indah (22), usher Suzuki lainnya memiliki pengalaman yang sama. Namun, Ia mengaku tetap sopan merespon pengunjung yang sedang menggodanya.

"Sopan saja secara halus, nanti mereka pergi sendiri kok," ucap Indah yang menganggap kejadian itu adalah angin lalu.
Senyum Palsu 'Usher' di Pameran OtomotifSeorang usher di boot Astra Honda Motor (CNN Indonesia/Rayhand Purnama Karim JP)
Alasan menjadi usher

Kendati demikian, pekerjaan sebagai usher di pameran otomotif tetap menjadi ladang menjanjikan bagi para wanita muda tersebut. Mereka pun mengaku menyenangkan, meski awalnya hanya iseng untuk sekedar mencari uang tambahan.

"Enaknya gaji lumayan, jadi bisa ada tambahan (jajan) sembari kuliah," imbuh Indah.

Sementara Jennie Christy (21), usher di booth Honda pun demikian, Ia tetap ingin mendulang rupiah sebagai usher dan tidak mencari pekerjaan tetap seperti pekerja kantor lain.
Senyum Palsu 'Usher' di Pameran OtomotifUsher di booth Honda Prospect Motor IIMS 2018 (CNN Indonesia/Rayhand Purnama Karim JP)
"Sebetulnya bosen, pegel juga kaya gini biar pendapatan lumayan. Tapi pasti berhenti (jadi usher), kan ada batasnya. Kalau udah kelihatan jelek atau tua, ya tidak mungkin dipanggil lagi," ucap dia sembari tertawa.

Dari pengakuan beberapa usher, rata-rata penghasilan mereka memang tidak sedikit. Pada IIMS 2018 selama bekerja satu shift (enam jam) per hari, mereka mendapat bayaran senilai Rp1 juta. (mik/mik)




BACA JUGA