Google Buat Permainan Berburu Emoji

Kustin Ayuwuragil, CNN Indonesia | Selasa, 08/05/2018 08:15 WIB
Permainan baru ini mengajak pengguna untuk berburu emoji sekaligus membantu mengajari agar mesin AI Google makin pintar. Permainan baru Google mengajak pengguna mencocokan emoji yang muncul dengan objek sebenarnya di kehidupan nyata (CNN Indonesia/Susetyo Dwi Prihadi)
Jakarta, CNN Indonesia -- Google menciptakan permainan berbasis AI dan emoji. Perusahaan yang berbasis di Mountain View tersebut meminta pengguna untuk sesegera mungkin mencocokan emoji yang tampil di layar dengan objek sebenarnya.

Cara mainnya cukup sederhana yakni Google akan memperlihatkan sebuah emoji di layar. Tujuannya adalah menemukan obyek asli dari emoji tersebut dengan mengarahkannya ke kamera.

Misal layar ponsel menunjukkan emoji pisang, maka pengguna perlu menangkap gambar pisang sesungguhnya dengan kamera.


[Gambas:Youtube]

Ada batas waktu dalam permainan ini. Namun waktu akan bertambah ketika pemain berhasil mencocokkan emoji dengan obyek aslinya. Permainan dimulai dengan objek yang mudah ditemukan di sekitar pengguna. Semakin lama akan semakin sulit.

Untuk bisa bermain, pengguna cukup membuka URL Emoji Scavenger Hunt di peramban. Sehingga permainan ini bisa digunakan baik di ponsel Android maupun iOS.

Bahan Belajar AI Google

Schavanger Hunt sebenarnya bukan sekedar permainan. Permainan ini melibatkan AI Google lantaran aplikasi Google perlu mencocokan apakah gambar asli sesuai dengan emoji yang ditampilkan atau tidak.

Sehingga, lewat permainan yang diikuti oleh begitu banyak orang, maka mesin AI Google bisa lebih banyak dan cepat belajar. Namun, karena sistemnya masih belajar dan berkembang, Slashgear melaporkan bahwa tak jarang permainan ini tak menerima obyek yang cocok dengan emoji.

Permainan eksperimen ini bertujuan pula untuk menggaungkan acara pengembang Google I/O yang diadakan pekan ini. AI disebut memainkan peran penting dalam acara tersebut, sehingga permainan ini dijadikan teaser kecil-kecilan kehebatan AI Google.

Menurut rumor, Google juga akan meluncurkan aplikasi kamera yang didukung AI, Google Lens. Perusahaan mungkin juga akan memperkenalkan AutoML yang bergerak di bisnis komputasi awan (cloud), seperti disebutkan The Verge.

Sebelumnya, Google Maps juga sempat merilis permainan jadul 'Where's Waldo?' yang diangkat dari kisah anak karangan sastrawan Inggris, Martin Handford.

Laman interaktif yang dipersembahkan Google Maps untuk April Mop itu mengajak pengguna mencari keberadaan Waldo di berbagai sudut dunia. (eks/eks)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK