Penonton Youtube, Saingi Jumlah Netizen yang Tonton Televisi

Kustin Ayuwuragil, CNN Indonesia | Rabu, 09/05/2018 18:31 WIB
Penonton Youtube, Saingi Jumlah Netizen yang Tonton Televisi Youtube (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Jumlah netizen Indonesia yang menonton YouTube hampir menyaingi jumlah netizen yang menonton televisi. Hal ini terungkap dari Survei Google dan Kantar TNS pada Januari 2018.

Menurut survei itu, YouTube ditonton oleh 53 persen pengguna internet di Indonesia. Sementara 57 persen netizen juga menonton televisi. Hal ini berbeda dengan radio yang hanya didengarkan 13 persen pengguna internet.

Head of Marketing Google Indonesia, Veronica Sari Utami, menjelaskan bahwa waktu tonton Youtube oleh netizen Indonesia berada di kisaran 59 menit.


Berdasarkan riset tersebut, ternyata YouTube tidak hanya disaksikan oleh penonton didaerah pusat kota saja (urban).

Sebab, sebanyak 92 penonton YouTube di Indonesia berdomisili di kota, sementara 85 persen berada di daerah rural atau pedesaan. Survei ini melibatkan 1.500 pengguna internet di 18 kota di Indonesia.

"Kami pikir sedikitnya gap antara rural dan urban itu karena koneksi internet yang sekarang sudah mulai menjangkau daerah rural," jelasnya pada Rabu (9/5) di Kantor Google Indonesia, di kawasan SCBD, Jakarta.

Selain itu, harga paket data juga lebih murah sehingga siapa saja bisa beli. Dan yang terakhir adalah karena konten YouTube semakin relevan dengan masyarakat lokal."


Konten favorit

Namun dia melanjutkan bahwa penonton di daerah urban menonton video yang lebih variatif seperti musik, komedi, dan tutorial melalui wifi.

Sementara penduduk wilayah rural yang mengandalkan 3G dan 4G menyukai konten berita, sepak bola hingga gosip.

"Sekarang, orang juga suka mencari konten TV di YouTube... Hal itu membuat prime time menjadi lebih luas karena orang tidak perlu menunggu jam tayang di TV. Karena itu, pengiklan juga memiliki opsi kampanye yang lebih lama dan variatif seperti story telling, humor, atau engagment lainnya," ujarnya.

Dia juga mengatakan bahwa penonton Tanah Air lebih menyukai konten buatan kreator lokal di banding luar negeri. Sebab konten itu dianggap lebih relevan dan dekat dengan kehidupan sehari-hari penontonnya.

Untuk itu, Youtube akan menyerahkan penghargaan Gold Button kepada 10 kreator lokal. Gold Button adalah penghargaan yang diberikan YouTube pada kreator dengan 1 juta subscriber.

Tahun ini ada peningkatan 38 penerima penghargaan yang akan dilaksanakan di Ecopark Ancol, Jakarta, malam ini. (eks/eks)