Produsen Ponsel Mewah Mulai Muak dengan Desain Poni iPhone X

Bintoro Agung, CNN Indonesia | Rabu, 16/05/2018 07:25 WIB
Produsen Ponsel Mewah Mulai Muak dengan Desain Poni iPhone X Porsche Design sengaja menanggalkan desain layar 'poni' ala iPhone X. (Foto: CNN Indonesia/Hesti Rika)
Jakarta, CNN Indonesia -- Demam desain iPhone X dengan 'poni' di layar sebagai ciri khasnya merupakan pemandangan wajar di banyak ponsel cerdas terkini. Dari sekian banyak peniru, setidaknya ada satu produsen yang ogah menyerah pada tren tersebut.

Jenis ponsel yang dimaksud adalah Porsche Design Mate RS, hasil sentuhan ulang Porsche Design dari ponsel P20 Pro dari Huawei. Porsche Design menyingkirkan poni layar ponsel karena dianggap sangat mengganggu secara estetika.

"Saat saya melihat torehan itu untuk pertama kalinya, saya hampir tak percaya. Itu mengganggu secara filosofi desain," ucap Direktur Desain Porsche Design Christian Schwamkrug seperti dikutip dari BGR, Selasa (15/5).


Bingkai layar yang terusik oleh poni tersebut menurut Schwamkrug berimbas ke banyak hal. Misalnya saja terhadap sebuah gambar yang dimuat di layar yang harusnya terbingkai dalam bentuk persegi panjang, persegi, dengan garis batas yang jelas dan simetris, justru jadi nampak 'rusak' oleh keberadaan poni itu.

"Kami tidak ingin ada torehan itu, kami pikir itu sebuah kompromi," imbuhnya.

Kompromi mengikuti arus tren yang dibentuk oleh iPhone X ini banyak dilakukan oleh vendor ponsel cerdas mulai dari jajaran seri Huawei P20, Asus Zenfone 5 dan 5Z, Vivo V9, Oppo F7, Honor 10, dan banyak lagi.

Porsche Design dapat menghindari kompromi tersebut karena mereka hanya membuat ponsel mewah tanpa tekanan mencapai target penjualan sebanyak mungkin seperti pabrikan pada umumnya.

Porsche Design Mate RS dijual dengan harga US$1.900 (sekira Rp26 jutaan) yang secara nominal jauh melebihi satu unit iPhone X, dengan sejumlah fitur istimewa. (evn/evn)


ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA