Fitur Baru WhatsApp Grup Buat Admin Tak Bisa Depak Kreator

Bintoro Agung, CNN Indonesia | Rabu, 16/05/2018 16:40 WIB
Fitur Baru WhatsApp Grup Buat Admin Tak Bisa Depak Kreator WhatsApp menambahkan fitur baru untuk percakapan grup. Salah satu fitur baru WhatsApp ini memberikan kuasa pada admin untuk mencabut kuasa admin lainnya. (Foto: CNN Indonesia/Bisma Septalisma)
Jakarta, CNN Indonesia -- WhatsApp merilis pembaharuan sistem untuk percakapan grup mereka. Setidaknya ada enam fitur baru WhatsApp yang diperkenalkan dalam pembaharuan terbaru ini.

"Grup selalu menjadi bagian penting dari pengalaman WhatsApp, sebagai perekat anggota keluarga di seluruh dunia atau untuk berkomunikasi dengan sahabat masa anak-anak," tulis WhatsApp dalam blog resminya tertanggal 15 Mei 2018.

Berikut adalah enam fitur WhatsApp terbaru untuk grup:
Deskripsi grup.


Fitur baru pertama adalah deskripsi grup yang dapat ditemui di kolom info grup. Kolom ini berfungsi sebagai tempat menuliskan tujuan, panduan, dan topik grup bersangkutan.

Informasi grup tersebut bakal muncul secara otomatis di atas kamar percakapan grup ketika ada anggota baru yang bergabung.

Tombol jalan pintas.

Fitur baru berikutnya adalah tombol jalan pintas '@' untuk melihat pesan yang ditujukan langsung ke pengguna di dalam grup. Fitur ini sejatinya sudah keluar cukup lama melalui program beta.
Kolom pencarian anggota grup.

Fitur ketiga yang baru adalah kolom pencarian anggota grup. WhatsApp menyediakan kotak kecil di halaman informasi grup.

Cukup memasukkan nama kerabat atau teman yang tergabung di grup, pengguna bisa menemukannya dengan mudah. Fitur ini amat membantu ketika grup yang kita huni sudah memuat banyak sekali anggota.

Kendali admin.

Dalam blognya, WhatsApp menjelaskan dalam pengaturan grup, sekarang terdapat kendali yang memampukan admin untuk membatasi siapa yang dapat mengubah subjek, ikon, dan deskripsi grup.
Admin mencabut kuasa admin partisipan lain.

Pembaharuan ini menjadi fitur baru WhatsApp grup terkini. Admin sebuah grup bisa mencabut kuasa admin dari partisipan lain. Selain itu, posisi kreator grup makin kuat karena mereka tak bisa didepak dari grup yang mereka bentuk.

Perlindungan pengguna masuk grup.

Terakhir, WhatsApp memperkenalkan fitur yang mempersulit anggota grup keluar-masuk. Dengan fitur ini pengguna tak bisa seenaknya masuk kembali ke grup yang sudah mereka tinggalkan.

Lewat blog resminya, WhatsApp mengumumkan semua fitur tersebut sudah bisa diperoleh di versi teranyar aplikasi baik di Android maupun iPhone. (age/age)