Konter Pulsa Bisa Registrasi Kartu Prabayar Lebih dari Tiga

Bintoro Agung, CNN Indonesia | Rabu, 16/05/2018 19:53 WIB
Konter Pulsa Bisa Registrasi Kartu Prabayar Lebih dari Tiga Kementerian Komunikasi dan Informatika memperbolehkan registrasi kartu prabayar keempat dan seterusnya dilakukan di outlet atau konter pulsa. (Foto: CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kementerian Komunikasi dan Informatika memperbolehkan registrasi kartu prabayar keempat dan seterusnya dilakukan di outlet atau konter pulsa. Dengan kata lain, konter dapat meregistrasi nomor prabayar pelanggan tanpa ada batas jumlah.

Dirjen Penyelenggaraan Pos dan Informatika (PPI) Ahmad Ramli menyatakan kesepakatan itu terjadi dalam pertemuan dengan Kesatuan Niaga Cellular Indonesia (KNCI) dan perwakilan operator seluler pada Senin, 14 Mei 2018.

Ramli berdalih wewenang tersebut diberikan sebagai komitmen pemerintah dalam menjaga keberlangsungan hidup konter pulsa sebagai penyokong industri telekomunikasi.
"Saya meminta operator seluler segera menindaklanjuti kesepakatan dimaksud berupa pemberian wewenang melakukan registrasi nomor pelanggan kepada outlet yang dituangkan dalam bentuk Perjanjian Kerja Sama (PKS) yang dapat berupa e-license atau kontrak elektronik," ucap Ramli lewat pernyataan tertulis, Rabu (16/5).


Di samping pemberian wewenang itu, Ramli meminta operator seluler dengan sistemnya mengidentifikasi gerai atau outlet yang melakukan registrasi nomor pelanggan. Ketua Asosiasi Penyelenggara Telekomunikasi Seluler Indonesia (ATSI) Merza Fachys menyanggupi kesepakatan tersebut.

"Seluruh operator siap melaksanakan kesepakatan yang dilakukan di Kementerian Setneg untuk memberikan wewenang kepada outlet untuk melakukan registrasis nomor ke-4 dan seterusnya sesuai kesepakatan dengan KNCI," tukas Merza menambahkan.
Kesepakatan ini memperbaharui ketentuan sebelumnya yang hanya membatasi jumlah nomor yang boleh diregistrasi di konter pulsa sebanyak tiga nomor saja. Lebih dari itu, hanya gerai resmi milik operator seluler yang bisa membantu pelanggan meregistrasikan nomor prabayarnya.

Sebelumnya lagi, pemerintah bahkan hanya memperbolehkan registrasi dilakukan oleh individu pemilik nomor dan gerai resmi operator seluler. Namun pada November 2017 dalam pertemuan antara Ditjen PPI, KNCI, dan ATSI, kompromi tercapai dengan hasil konter pulsa boleh membantu registrasi tiga nomor prabayar pelanggan. (age/age)