'Bungkam' Pengguna Berisik, Instagram Tambah Fitur 'Mute'

Agnes Savithri, CNN Indonesia | Jumat, 25/05/2018 08:35 WIB
'Bungkam' Pengguna Berisik, Instagram Tambah Fitur 'Mute' Instagra menambahkan fitur mute untuk membungkan unggahan mengganggu. (Foto: CNN Indonesia/Bisma Septalisma)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pengguna Instagram tentu tak asing dengan perasaan terganggu ketika melihat unggahan salah seorang rekan di lini masa. Perasaan terganggu tersebut bisa muncul karena konten postingan hingga alasan personal lainnya.

Namun, jika rekan tersebut cukup dekat, terkadang muncul perasaan segan atau tak enak jika harus memblokir hingga unfollow. Mengatasi perasaan segan tersebut, Instagram menambahkan fitur "mute" untuk menghilangkan drama antara pengikut dan yang diikuti.

Fitur ini bisa "membungkam" pengguna lain yang tak dikehendaki tanpa harus memblokir atau unfollow. Ketika dibungkam, cerita dan foto pengguna tidak lagi muncul di feed, tetapi pengguna masih tetap mengikuti orang yang bersangkutan.


Dilansir dari Cnet, Instagram menilai fitur ini berguna bagi pengguna yang tidak ingin mengecewakan teman atau saudara dengan berhenti mengikuti akun mereka. Untuk "membungkam" seseorang, pengguna bisa masuk ke dalam profil rekan.

Ketik ikon titik tiga yang berada di sudut kanan atas. Daftar opsi akan muncul, dari mulai block, unfollow hingga mute. Pilih opsi Mute, kemudian pengguna bisa memilih untuk mute postingan foto, mute stories hingga mute keduanya.

Cara lain yang bisa dicoba adalah tekan lama pada posting rekan yang dituju, lalu akan muncul opsi mute.

Atau, Anda dapat membisukan seseorang dengan mengunjungi profil mereka, atau dengan penekanan lama pada sebuah cerita. Opsi ini akan perlahan hadir dalam aplikasi pelanggan dalam beberapa pekan ke depan. (age/age)