Tokopedia: Transaksi 'Flash Sale' yang Gagal Telah 'Direfund'

Galih Gumelar, CNN Indonesia | Minggu, 27/05/2018 18:28 WIB
Tokopedia: Transaksi 'Flash Sale' yang Gagal Telah 'Direfund' Tokopedia menyebut bahwa pihaknya telah melakukan pengembalian dana transaksi 'flash sale' yang gagal(Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Tokopedia mengaku telah melakukan pembayaran kembali (refund) atas semua transaksi gagal yang terjadi saat penyelenggaraan flash sale Jumat pekan lalu.

Tokopedia menyebut, pengembalian dana telah dilakukan otomatis ketika barang yang dibeli dibatalkan oleh Tokopedia, seperti disampaikan Communication Senior Lead Tokopedia Siti Fauziah.

Lebih lanjut, Siti menyebut mengatakan flash sale Tokopedia menggunakan sistem "siapa cepat dia dapat". Sehingga, normal saja jika banyak transaksi yang dilakukan secara berbarengan, namun tidak semua yang melakukan transaksi itu mendapatkan barang yang diinginkan.


"Dikarenakan stok yang terbatas, maka pembayaran paling cepat yang akan mendapatkan barang. Sementara untuk pembayaran yang sudah masuk namun setelah stok habis akan di refund secara otomatis," ujar wanita yang akrab disapa Puji ini kepada CNNIndonesia.com saat dihubungi via pesan teks, Minggu (27/5).

Lebih lanjut ia mengatakan Tokopedia sudah mengantisipasi kondisi ini karena stok barang-barang yang dibanderol Rp25 ribu ini sangat terbatas. Hal ini pun sebetulnya sudah dikomunikasikan kepada pelanggan yang ingin melakukan pembayaran.

Namun, Tokopedia belajar dari pengalaman bahwa tak sepenuhnya ketentuan ini dipahami oleh pelanggan. "Sehingga akan menjadi pengembangan kami agar program promosi ke depan bisa memberikan pengalaman yang jauh lebih baik," imbuh dia.

Hanya saja, ia enggan menyebut jumlah dan nilai transaksi yang dibatalkan Tokopedia.

"Kami hanya bisa berkomentar sejauh itu," pungkas dia.

Sebelumnya, segelintir konsumen Tokopedia mempertanyakan pembatalan sepihak transaksi flash sale Tokopedia yang dilakukan Jumat pekan lalu (25/5).

Sebagian lain, mempertanyakan nasib pembayaran yang sudah mereka lakukan saat flash sale namun status pembayaran di Tokopedia masih belum jelas. Mereka telah melakukan pembayaran dengan internet banking, uang elektronik Tokopedia, dan kartu kredit. Saldo telah berkurang atau tercatat di tagihan kartu kredit, namun tidak ada verifikasi pembayaran di situs Tokopedia.

Bahkan, pelanggan yang tidak mengikuti flash sale pun kena getahnya. Salah satu warganet mengeluh harus mendapatkan status transaksi yang tidak berubah dalam waktu lama meski telah membayar melalui internet banking dan saldonya telah berkurang. (eks/eks)