Instagram di Antara Manuver Amien Rais dan Rizieq Shihab

RBC, CNN Indonesia | Selasa, 05/06/2018 16:11 WIB
Instagram di Antara Manuver Amien Rais dan Rizieq Shihab Instagram menuai polemik setelah foto Amien Rais dan Probowo saat temui Rizieq Shihab dihapus. (Foto: Dok. Istimewa)
Jakarta, CNN Indonesia -- Unggahan foto pertemuan Rizieq Shihab dengan Amien Rais dan Prabowo Subianto saat berada di Mekkah melalui platform Instagram menuai beragam reaksi dari netizen.

Bukan tanpa alasan, unggahan di akun @amienraisoffisial itu dihapus pada Senin (4/6) dengan alasan telah melanggar Pedoman Komunitas Instagram.

Sejumlah pihak menuding pemerintah turut andil dalam penurunan foto tersebut. Namun, hal itu disanggah oleh Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara yang menyebut penurunan konten itu sepenuhnya menjadi hak Instagram.


Ia justru menduga hal itu dilakukan karena adanya aduan masyarakat yang menjadi pengguna Instagram.

Pakar teknologi informasi dan media sosial Nukman Luthfie mengatakan hingga saat ini penyebab hilangnya foto tersebut memang belum diketahui.

Namun, ia mengklaim hal ini bisa jadi disebabkan oleh masukknya laporan dari pengguna lain dalam jumlah banyak sehingga mendorong Instagram menghapusnya dari platform mereka.

"Kita tidak tahu alasannya apa, harus diselidiki dulu, tapi dalam beberapa kasus memang ada foto-foto yang bisa hilang, dihapus oleh Instagram karena dilaporkan oleh siapa pun dan jumlahnya banyak, sehingga dianggap melanggar," kata Nukman saat dihubungi Selasa (5/6).

Senada, chairman Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (Mafindo) Septiaji Eko Nugroho pun mengungkapkan alasan Instagram menghapus foto pertemuan tersebut belum diketahui. Ia justru mempertanyakan keputusan Instagram menghapus foto yang menurutnya tidak melanggar norma apa pun.

"Dari sudut pandang konten, foto tersebut tidak melanggar norma apapun, sehingga seharusnya tidak dihapus karena alasan apapun," ujar Septiaji saat dihubungi via teks.

Menurutnya, dihapusnya foto tersebut bisa jadi sebai buah laporan pengguna yang memiliki sikap politik atau yang berseberangan dengan ketiga sosok tersebut.

"Kami mengkhawatirkan terjadinya perang/tawuran digital antara sesama anak bangsa yang berbeda pandangan politik, sehingga berusaha untuk saling merepresi opini ataupun konten lawannya. Ini bukan perilaku yang sehat dalam demokrasi kita," ungkapnya.

Amien Rais dan Prabowo 'sowan' ke Rizieq usai menjalani umrah di kota suci Mekah akhir pekan lalu. Dalam pertemuan tersebut Rizieq meminta kepada para tamunya agar lekas membentuk koalisi bersama PKS dan PBB sebagai persiapan menghadapi Pilpres 2019.

CNNIndonesia.com telah berupaya menghubungi pihak Instagram Indonesia sejak Senin (4/6) petang untuk mendapat kejelasan mengenai hal ini. Namun, hingga saat ini pihak Instagram belum memberi jawaban. (evn)