Instagram Ungkap Cara Kerja Algoritme di Lini Masa

RBC, CNN Indonesia | Rabu, 06/06/2018 07:10 WIB
Untuk pertama kalinya Instagram mengungkap cara kerja algoritme di lini masa setelah menuai beragam respons kurang baik dari pengguna. Instagram mengungkap cara kerja algortime lini masa untuk pertama kalinya. (Foto: Courtesy By Instagram)
Jakarta, CNN Indonesia -- Instagram secara resmi mengubah cara kerja algoritme lini masa berdasarkan kronologi sejak Juli 2016. Meski menuai respons kurang baik dari pengguna, untuk pertama kalinya Instagram mengungkap cara kerja algoritme yang kerap dinilai membingungkan tersebut.

Unggahan yang muncul berdasarkan kronologi membuat pengguna melihat urutan yang berbeda di lini masa mereka dan teman, meski keduanya mengikuti akun yang sama. Hal ini berkat teknologi yang mempelajari perilaku pengguna saat berinteraksi dengan akun-akun tersebut.

Namun kini, Instagram dikabarkan tidak mempertimbangkan untuk kembali mengadopsi algoritme berdsarkan kronologi atas dasar keluhan yang disampaikan para penggunanya.


Setidaknya ada tiga faktor yang menentukan tampilan yang akan muncul di lini masa Instagram Anda.
1. Minat
Instagram memprediksi seberapa besar kepedulian penggunanya terhadap satu unggahan yang dilihat. Hal ini diukur berdasarkan perliaku terhadap konten serupa di masa lalu.
2. Kebaruan
Seberapa baru sebuah unggahan dibagikan. Instagram akan mengutamakan unggahan baru ketimbang yang sudah ada selama beberapa pekan.
3. Hubungan
Unsur kedekatan dengan orang yang membagikan unggahan diukur berdasarkan sejauh mana interaksi dengan orang-orang tersebut di masa lalu, seperti mengomentari foto dan video atau sama-sama ditandai (tag) dalam sebuah unggahan.

Disamping ketiga faktor di atas, ada juga sinyal tambahan yang memengaruhi cara kerja algortime, antara lain:
1. Frekuensi
Seberapa sering Anda menggunakan Instagram akan memengaruhi tampilan unggahan. Semakin sering diakses maka unggahan terbaik akan muncul sejak terakhir kali Anda membuka aplikasi.
2. Mengikuti akun lain
Jika ada banyak akun atau tagar yang diikuti, Instagram akan memilih unggahan dari lebih banyak orang untuk muncul di lini masa sehingga Anda akan melihat lebih sedikit unggahan dari masing-masing akun.
3. Pemakaian
Durasi penggunaan Instagram akan memengaruhi jumlah unggahan terbaik yang muncul di lini masa. Semakin singkat waktu yang dihabiskan, maka makin sedikit unggahan yang muncul dan begitu juga sebaliknya.

Selain memamparkan cara kerja algoritme, perusahaan yang didirikan oleh Kevin Systrom dan Mike Krieger ini juga memastikan konten yang diunggah lewat Stories, Live, dan fitur lainnya tak akan memengaruhi konten yang muncul di lini masa. Format foto atau video disebut juga tak memengaruhi unggahan yang muncul karena hal itu bergantung pada selera masing-masing pengguna.

Dilaporkan Techcrunch, akun personal dan bisnis disebut tak akan memengaruhi konten yang muncul di lini masa, lantaran Instagram mengklaim tak ada konten yang disembunyikan untuk diekspos meski ada banyak tagar dan perilaku unik penggunanya. (evn)