Instagram Kabarnya Perpanjang Durasi Video Hingga Satu Jam

Eka Santhika, CNN Indonesia | Rabu, 06/06/2018 10:30 WIB
Instagram kabarnya akan memperbolehkan agar video yang diunggah di platformnya berdurasi lebih dari satu jam. Ilustrasi (CNN Indonesia/Bisma Septalisma)
Jakarta, CNN Indonesia -- Instagram kabarnya akan membuat fitur baru agar pengguna bisa mengeposkan video dengan durasi selama satu jam. Meski demikian, rencana ini masih bersifat tentatif.

Fitur baru ini akan fokus menggarap video dalam format vertikal. Sebab, Instagram Stories memang telah dirancang dalam format vertikal tersebut.

Laporan itu juga tidak menjelaskan apakah video lebih lama ini akan digelar hanya untuk Stories saja atau bisa juga untuk unggahan di laman utama. Saat ini video di Instagram Stories dibatasi dengan panjang 15 detik. Sementara video yang diposkan di laman utama bisa berjalan hingga satu menit.


Meski demikian masih belum jelas bagaimana fitur ini akan bekerja. Kemungkinan fitur ini diajukan untuk menggaet lebih banyak iklan. Sebab, video yang lebih panjang bisa digunakan untuk menjaring beberapa iklan sekaligus.

Langkah ini juga akan membantu Facebook untuk menyaingi dominasi Youtube milik Google. Sebab, seperti Youtube, Instagram juga memiliki pengguna berpengaruh yang mengandalkan konten visual, seperti dilaporkan Mashable

Fitur Instagram Stories memiliki 300 juta pengguna aktif harian berdasarkan data November. Instagram sendiri memiliki 800 juta pengguna. Beberapa minggu lalu, perusahaan tersebut menggelar diskusi dengan para pembuat konten dan penerbit mengenai fitur video yang lebih lama, seperti dikutip The Verge dari The Wall Street Journal. (eks/eks)