Pendiri Apple Sebut iPhone X Merepotkan

Eka Santhika, CNN Indonesia | Rabu, 06/06/2018 20:35 WIB
Steve Wozniak menyebut bahwa iPhone X merepotkan karena pengguna mesti mengingat begitu banyak kombinasi tombol dan gestur untuk melakukan fungsi tertentu. Pendiri Apple, Steve Wozniak (REUTERS/Stephen Lam)
Jakarta, CNN Indonesia -- Wozniak menyebut bahwa iPhone X merepotkan. Sebab, begitu banyak kombinasi tombol dan gestur untuk melakukan fungsi tertentu. Sehingga menurutnya, ponsel itu disebut tidak seintuitif produk iPhone sebelumnya.

"Hal terburuk (mengenai iPhoneX) adalah kombinasi power di home key. Tombol home memiliki delapan fungsi berbeda tergantung kapan dan berapa banyak Anda menekannya. Ini sedikit membingungkan," tuturnya dalam wawancara eksklusif dengan CNBC, Senin (4/6).

Woz juga mengeluhkan soal banyaknya gestur berbeda yang harus diingat saat menggunakan iPhoneX.



"Gestur makin kompleks karena Anda mesti mengingat kapan harus ditekan dan kapan harus ditekan lagi kedua kalinya. Itu makin membingungkan dan itu bukanlah sifat alami dari produk Apple," jelasnya.

Sebab, menurut Woz awalnya produk Apple memang dibuat agar bisa dipakai semudah mungkin. Ia lantas mencontohkan bagaimana mereka merancang tetikus.

Tetikus itu sengaja dibuat dengan satu tombol sehingga lebih mudah digunakan untuk pengguna awam.

"Siapa saja bisa menggunakannya daripada tetikus dengan tiga tombol dimana Anda harus mengingat tiap hal berbeda. Ide dasarnya haruslah intuitif."

Ia pun tak begitu menyukai FaceID. Menurutnya touch ID jauh lebih baik.

Meski demikian, Woz menyebut bahwa ia menyukai bentuk iPhoneX yang ringkas. Layarnya sedikit lebih lebar untuk ponsel yang bentuknya bisa masuk kantong. Woz juga beranggapan kalau harga iPhoneX tak terlalu mahal. (eks/eks)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK