Telkomsel Buka Suara Tanggapi Survei OpenSignal

Agnes Savithri, CNN Indonesia | Senin, 11/06/2018 08:20 WIB
Telkomsel Buka Suara Tanggapi Survei OpenSignal ilustrasi menara telekomunikasi. (Foto: CNN Indonesia/ Susetyo Dwi Prihadi)
Jakarta, CNN Indonesia -- Dalam laporan OpenSignal yang berjudul State of Mobile, Telkomsel kalah dengan Smartfren dari sisi ketersediaan 4G.

Telkomsel menunjukkan skor 70 persen, namun dari sisi kecepatan operator ini unggul dengan rata-rata 12,9 Mbps untuk pengunduhan dan 7,3 untuk pengunggahan.

Menanggapi hasil laporan tersebut, Direktur jaringan Telkomsel Bob Apriawan mengungkapkan pihak Smartfren tak memiliki teknologi lain selain 4G.


"Smartfren tidak punya teknologi lain selain 4G. Pasti mereka akan bagus. Tapi dari sisi costumer experience akan lebih baik (Telkomsel). Untuk upload download terbaik," paparnya, Jumat (8/6).

Bob mengklaim survei OpenSignal dilakukan secara global untuk mengukur operator yang sama. Sedangkan, Telkomsel jaringannya dimana-mana. Sehingga tidak apple to apple.

Dia pun menjelaskan saat ini pihaknya melayani seluruh pelosok Indonesia dengan 171 ribu BTS dan 71 persennya broadband capable 3G/4G.

Laporan yang baru diterbitkan OpenSignal merupakan hasil survei periode 1 Februari 2018 hingga 1 Mei 2018. Riset ini dilakukan di enam kota yakni Jakarta, Bandung, Makassar, Surabaya, Semarang dan Medan.

Ada tujuh kategori yang diriset menggunakan lebih dari 11 miliar hasil pengujian dengan 1,2 juta pengguna. (age/age)