BMKG Prediksi Cuaca di 23 Lokasi Pengamatan Hilal

Agnes Savithri, CNN Indonesia | Kamis, 14/06/2018 14:42 WIB
BMKG Prediksi Cuaca di 23 Lokasi Pengamatan Hilal Ilustrasi. (Foto: CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) merilis perkiraan cuaca di 23 lokasi pengamatan hilal. Dari hasil perkiraan cuaca, sebagian besar wilayah Maluku dan Papua tertutup awan.

Bahkan berdasarkan data BMKG, Biak akan tertutup awal pada siang dan sore hari. Sedangkan untuk wilayah Kalimantan dan Sulawesi, Manado diperkirakan bisa melihat hilal dengan proyeksi kemungkinan tertutup awan sekitar 37%.

Namun, Makassar sebaliknya. Berdasarkan proyeksi BMKG 75% akan tertutup awan. Hanya Kupang di kawasan Bali dan Nusa Tenggara yang memiliki proyeksi cerah dari siang hingga sore.

Pengamatan hilal di Pulau Jawa pun terbilang bervariasi. Pantai Ngliyep diproyeksikan paling baik karena cuaca cerah dari siang hingga sore. Sedangkan Sumatera, mayoritas akan tertutup awan.

BMKG pun menyediakan streaming untuk memantau pengamatan hilal dalam situs resminya.


Sebelumnya, Kementerian Agama (Kemenag) pada Kamis (14/6) akan menyelenggarakan sidang Isbat untuk menentukan bulan baru dalam kalender Islam. Oleh karen itu, Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Muhamadiyah Amin mengatakan akan menggelar pemantauan hilal (rukyatul hilal) pada 97 titik di 34 Provinsi Indonesia.

"Kami telah mengirim petugas rukyatul hilal yang akan bekerja sama dengan Kepala Kantor Wilayah dan ormas untuk melakukan pemantauan hilal di 97 titik yang telah diterapkan," ujar Amin dalam laman setkab.go.id, Senin (11/6).
(age/asa)