Taycan, Nama Mobil Listrik Porsche

Rayhand Purnama, CNN Indonesia | Jumat, 15/06/2018 14:20 WIB
Taycan, Nama Mobil Listrik Porsche Foto: Dok. Porsche via www.porsche.com
Jakarta, CNN Indonesia -- Porsche mengumumkan nama mobil terbaru, sekaligus perayaan hari jadinya ke-70 tahun. Mobil dijuluki Mission E concept Taycan itu diumumkan melalui situs resmi mereka.

Taycan memiliki makna "lively young horse" atau "kuda muda yang hidup", diambil dari bahasa Eurasia. Julukan "kuda" akan diperkuat dari logo mobil listrik.

Konsep mobilnya masih misterius, namun sejumlah media Eropa menyebut ini akan menjadi mobil listrik pertama Porsche yang akan diproduksi pada tahun depan.
Begitu masuk dapur produksi, Taycan akan melawan Tesla Model S sebagai pesaing ketatnya.


Siluetnya menyuguhkan desain sedan coupe sport empat pintu. Porsche Taycan dikabarkan bakal disokong dua unit motor listrik yang mampu menyemburkan hampir 600 tenaga kuda (592 hp). Wajar mobil ini bisa disetarakan dengan sedan coupe 911.

Tenaga tersebut diklaim sanggup berakselerasi 0-100 km per jam dalam 3,5 detik. Porsche Taycan juga memiliki bobot 50 kilogram lebih ringan dibandingkan mobil listrik asal AS, Tesla model S P100D (2,2 ton).
Untuk baterainya sendiri saat terisi penuh dijelaskan dapat bergerak hingga 500 km. Dengan proses pengisian cepat, atau selama 15 menit mampu menempuh 386 km perjalanan.

Taycan dilengkapi teknologi self-driving level 4, atau sebuah teknologi masa depan untuk mobil-mobil tanpa sopir. (mik)