Susul Vivo, Oppo Luncurkan Ponsel Mirip iPhone X Tanpa Poni

Eka Santhika & RBC, CNN Indonesia | Kamis, 21/06/2018 16:28 WIB
Susul Vivo, Oppo Luncurkan Ponsel Mirip iPhone X Tanpa Poni Oppo Find X yang menggunakan rancangan bertepi tipis mirip iPhone X tapi tanpa dilengkapi dengan takik (OPPO)
Jakarta, CNN Indonesia -- Menyusul Vivo yang sudah lebih dulu meluncurkan ponsel tanpa poni (notch), kini giliran Oppo yang menelurkan ponsel serupa. Oppo meluncurkan Oppoi Find X di Museum Louvre, Paris, Selasa (20/5).

Ponsel dengan bezel tipis saat ini sepertinya tengah menjadi incaran para produsen ponsel. Hal ini menyusul langkah Apple yang telah meluncurkan iPhone X dengan pinggiran (bezel) yang sangat tipis.

Hanya saja ponsel teranyar iPhone itu kerap diolok karena rancangan desain bezel tipisnya ternoda dengan adanya takik dibagian atas ponsel. Takik ini digunakan untuk menempatkan kamera dan sejumlah sensor lain.


Setelah peluncuran iPhone X, sejumlah produsen ponsel berlomba untuk memberikan ponsel dengan pinggiran tipis. Mereka pun mengikuti desain iPhone yang memiliki takik.

Namun, belakangan beberapa vendor ponsel mulai memikirkan cara untuk menghilangkan takik tersebut pada rancangan ponsel mereka. Salah satunya seperti dilakukan Vivo dan Oppo.
Susul Vivo, Oppo Luncurkan Ponsel Mirip iPhone X Tanpa PoniVivo Nex yang menggunakan desain berpinggiran tipis dengan kamera depan yang disembunyikan di balik bodi (vivo)

Sembunyikan kamera

Keduanya menyingkirkan kamera mereka demi mendapat layar dengan bezel tipis tanpa takik. Keduanya menyembunyikan kamera dibalik bodi ponsel. Saat dibutuhkan, kamera akan muncul dari balik bodi yang didorong dengan gerakan mekanik.

Oppo Find X menyembunyikan kamera depan dan belakang pada bagian mekanisnya ini. Sementara Vivo hanya menyembunyikan kamera depannya saja dengan mekanisme ini.

Oppo menyebut bahwa mereka melengkapi ponsel dengan fitur menutup secara otomatis jika akan jatuh. Meski demikian, tak sedikit yang menyangsikan daya tahan dari fungsi mekanis ini. Sebab, bagaimanapun kamera yang ditempatkan pada bagian bergerak akan lebih ringkih.
Susul Vivo, Oppo Luncurkan Ponsel Mirip iPhone X Tanpa PoniTampilan Oppo Find X ketika kamera depan dan belakang belum dijungkit ke atas dari bodi ponsel (OPPO)
Susul Vivo, Oppo Luncurkan Ponsel Mirip iPhone X Tanpa PoniTampilan Oppo Find X saat ponsel diaktifkan dan kamera terjungkit ke atas dari bodi ponsel (OPPO)

Ponsel seri Find X memiliki kamera depan 25 MP dan kamera belakang 16 MP + 20 MP, dan dilengkapi dengan modul 3D Structured Light.

Kamera depan ponsel ini juga menghadirkan sejumlah fitur baru, salah satunya 3D Smart Selfie Capture yang memungkinkan perangkat untuk membuat model 3D dari wajah pengguna dan memberikan berbagai efek cahaya terhadap foto wajah.

Selain itu, terdapat juga fitur pemindaian wajah tiga dimensi yang diberi nama O-Face yang memiliki rasio kesalahan sebesar 1/1.000.000. Teknologi ini dapat digunakan untuk melakukan pembayaran melalui wajah di sistem Alipay, menjadikan Find X sebagai perangkat Android pertama yang memungkinkan hal tersebut.

Oppo Find X memiliki rasio layar dengan bodi hingga 93,8 persen. Layarnya menggunakan teknologi teknologi COP flexible screen. Desainnya juga sedikit melengkung dibagian samping yang diberi nama Panoramic Arc Screen.

Untuk prosesor, Oppo Find X dilengkapi dengan Snapdragon 845 dan Qualcomm Hexagon 685 DSP. Ponsel ini memiliki RAM 8 GB dan memori internal sebesar 256 GB, serta memiliki teknologi pengisian daya cepat VOOC.

Tipe ini dibekali dengan teknologi pengisian daya cepat, SuperVOOC flash charge. Teknologi ini diklaim bisa mengisi daya lebih cepat dengan arus lebih dari 50 watt saat mengisi baterai.

Oppo Find X hadir dengan dua pilihan warna, yakni Bordeaux Red dan Glacier Blue. Oppo Find X dibanderol sekitar Rp16,3 juta (999 Euro). Selain itu Oppo juga menghadirkan varian mewah yang bekerjasama dengan perusahaan mobil Lamborgini. Oppo Find X Automobili Lamborghini Edition dibanderol Rp27,7 juta (1.699 Euro). (eks/eks)