Cara FIFA Jaga Transparansi Sistem VAR di Piala Dunia 2018

Eka Santhika, CNN Indonesia | Selasa, 26/06/2018 18:02 WIB
Sistem VAR dilakukan di studio tertutup diluar stadion, lantas bagaimana cara FIFA memastikan bahwa tidak ada kongkalikong dibalik layar VAR ini? Ruang VAR di Piala Dunia 2018 (FIFA)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pada Piala Dunia 2018, FIFA menggunakan sistem Video Assistant Referee (VAR) untuk membantu wasit mengambil keputusan saat terjadi insiden. Tim VAR bekerja dari ruang khusus untuk mengawasi tiap insiden di tiap pertandingan.

Mereka terus-menerus mengawasi jalannya pertandingan untuk mencari tahu bagaimana insiden terjadi dan siapa yang harus bertanggung jawab. Namun, siapa yang bisa menjamin kalau proses pengambilan keputusan ini dilakukan secara adil?

FIFA mencoba membuat sistem VAR miliknya transparan dengan selalu menampilkan apa yang terjadi di dalam ruangan ketika wasit tengah melakukan tinjauan ulang terhadap suatu insiden pertandingan.
Misal, wasit tengah melakukan tinjauan ulang soal suatu pelanggaran dan akan melihat rekaman lambat dari kejadian tersebut. Gambar video yang tengah dilihat oleh wasit juga akan ditayangkan di monitor di lapangan dan pada grafis yang tampil untuk penonton televisi.


Monitor di lapangan juga akan menampilkan video-video dari peristiwa yang tengah ditinjau oleh tim VAR di ruang kendali. Video yang tampil di lapangan terbagi jadi tiga area. Area utama akan menampilkan situasi lapangan. Sementara

Cara FIFA Jaga Transparansi Sistem VAR di Piala Dunia 2018Tampilan monitor raksasa di stadion saat pertandingan berlangsung yang diatur dari studio VAR (REUTERS/Jorge Silva)
Sementara di stadion, akan ada layar raksasa yang menunjukkan bagaimana pertandingan berlangsung. Saat wasit memutuskan untuk melakukan peninjauan, layar monitor ini akan menampilkan grafis dengan dua kotak kecil. kotak pertama menunjukkan situasi lapangan, kotak kedua menampilkan pelatih atau situasi di studio VAR.

Informasi dari sistem VAR juga akan ditampilkan di situs dan aplikasi FIFA. Informasi dari sistem tersebut akan muncul dalam bentuk laporan langsung.

Selain itu, di dalam ruangan kendali tim VAR juga ditempatkan seorang anggota resmi FIFA. Ia bertugas melakukan pembaruan pada tiap kejadian yang terjadi di lapangan menggunakan sebuah tablet yang menjalankan sistem VAR. Pembaruan yang ia lakukan akan dikirim ke monitor yang ada dilapangan, ke situs, dan aplikasi FIFA.

Anggota FIFA ini mendapat akses ke seluruh video VAR dan mendengar semua percakapan antara wasit dan tim VAR.

Petugas ini juga yang akan menampilkan grafis soal yang terjadi dilapangan. Misal ketika wasit menghentikan pertandingan, maka peringatan akan tampak disitus dan aplikasi. Begitu juga ketika keputusan sudah diambil wasit. (eks/eks)