Royal Enfield, 'Motor Chopper Jokowi' Versi Tanpa Modifikasi

Rayhand Purnama | CNN Indonesia
Rabu, 27 Jun 2018 10:45 WIB
Royal Enfield merilis tiga jenis kendaraan dengan konsep custom sekaligus tanpa menghilangkan identitas yang melekat selama ini. Royal Enfield. (dok. Royal Enfield)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sepeda motor Royal Enfield sempat menjadi sorotan setelah dipilih menjadi tunggangan Presiden Joko Widodo beberapa waktu lalu. Bedanya, Jokowi merombak motor menjadi kendaraan custom bergaya chopper.

Jika dilihat lebih dekat, motor Jokowi sejatinya dibangun dari Royal Enfield Bullet 350 produksi 2016 rakitan India. Meskipun untuk urusan custom diserahkan kepada rumah modifikasi lokal.

Berbeda dengan motor chopper Jokowi, perusahaan asal Inggris ini merilis tiga jenis kendaraan dengan konsep custom sekaligus. Tak heran jika identitas sebagai motor 'murni' kreasi produsen akan melekat erat-- bukan diubah atas dasar permintaan pemesan.


Pertama untuk varian Lock Stock yang dirancang oleh produsen dengan basis Interceptor INT 650. Sasis baja motor ini dibuat dengan gaya drag race tempo dulu setelah menggandeng rumah modifikasi khusus sasis, Harris Performance.

Di bagian mesin, produsen juga menggaet S&S Cycles asal AS untuk dirombak sehingga tenaga mengalami peningkatan menjadi 850cc ditambah suntikan nitrogen. Dengan begitu, tenaga yang dihasilkan bisa mencapai 100 Bhp pada rpm 7.040 dengan torsi 113,6 Nm pada rpm 5.840.

Kedua, varian Rohini yang melibatkan rumah modifikasi Young Guns Customs untuk memodifikasi menggunakan bahan GT 650.

Lebih Dekat dengan Motor Jokowi Versi Tanpa ModifikasiFoto: Dok. Royal Enfield
Motor custom ini mempertahankan keaslian mesin, termasuk motif cat dan diperkuat fairing super ramping dan melengkung dengan jok monokok berbahan kulit.

Meskipun dibangun dengan konsep cafe racer murni, saat berada di area minim cahaya pantulan cat pada motor ini mengubah garis klasik menjadi cahaya.


Terakhir, Interceptor yang merupakan rancangan Old Empire Motorcycle. Rumah modifikasi ini memilih untuk menguliti Royal Enfield Interceptor INT 650 dan menanggalkan semua yang tidak perlu dan menyembunyikan bagian-bagian penting.

Cat merah metalik yang cocok dengan kulit Oxblood dan jok Alcantara memberikan sentuhan elegan pada mesin ditambah keseimbangan kemewahan dan karakter 'nakal'.

Meski mengusung gaya 'jadul' tak lupa produsen menyematkan teknologi untuk motor ini. Salah satunya cara membuka tangki yang tak perlu menggunakan kunci, tapi memakai keyless ignition yang tersemat pada sarung tangan pengendara.


Meski begitu, calon konsumen tak perlu terburu-buru untuk memboyong ke garasi rumah. Mengingat produsen baru memperkenalkan motor di ajang pameran otomotif di Perancis dan belum akan diproduksi massal. (evn/evn)
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER