Instagram Sediakan Opsi Musik Latar untuk Fitur 'Stories'

Agnes Savithri, CNN Indonesia | Jumat, 29/06/2018 10:04 WIB
Instagram tambah opsi musik dalam fitur 'stories'. Opsi baru ini membuat pengguna dapat menambahkan musik latar dalam video atau foto yang akan diunggah. Ilustrasi. (Foto: CNN Indonesia/Bisma Septalisma)
Jakarta, CNN Indonesia -- Setelah menambah rangkaian fitur baru dari mulai grup video call hingga kolom pertanyaan ala ask.fm, Instagram kembali menjajal fitur baru yang berhubungan dengan musik.

Timeline Instagram Stories semakin ramai dengan hadirnya fitur 'music'. Dilansir dari The Verge, pengguna dapat menambahkan musik latar ke postingan mereka dalam 'stories'.

Instagram akan menyediakan ribuan lagu yang langsung dapat dipilih. Cara menambahkan musik sama dengan cara menyertakan opsi 'gif', 'polling' atau 'question' yang baru ditambahkan oleh Instagram baru-baru ini.


Pengguna kemudian dapat menggeser lagu untuk mendapatkan potongan musik yang tepat yang ingin mereka mainkan untuk video atau gambar tertentu juga. Instagram sebelumnya telah menambahkan tautan dalam ke Spotify dalam Stories.
Namun, stiker baru ini dinilai selangkah lebih maju dengan benar-benar memainkan musik yang dipilih untuk latar belakang.

Instagram juga akan membiarkan pengguna memilih lagu untuk diputar sebelum mereka merekam video juga, yang terasa seperti aplikasi lip-sync.

Seperti dengan opsi berbasis stiker, pengguna akan dapat memilih lagu menggunakan opsi "Musik" baru di bawah tombol rekam, menemukan cuplikan yang ingin mereka putar di latar belakang, dan kemudian dapat merekam video seperti biasa.

Seiring dengan fitur-fitur soundtrack baru, Instagram mengumumkan pencapaian baru untuk Stories, yang menurut perusahaan kini digunakan oleh lebih dari 400 juta pengguna setiap hari.

Sayangnya, saat ini fitur musik baru tersedia di beberapa negara dan belum sampai ke Indonesia. Namun, Instagram tengah mengusahakan untuk mendapatkan lisensi musik di seluruh negara.

Fitur stiker musik diluncurkan hari ini untuk iOS dan Android, tetapi kemampuan untuk memilih musik sebelum perekaman akan terbatas untuk iOS untuk saat ini, dengan perangkat Android mendapatkan pilihan segera. (age/age)