Situs KPU dan Penghitungan Pilkada Serentak 'Down'

Ervina Anggraini, CNN Indonesia | Sabtu, 30/06/2018 09:17 WIB
Situs KPU dan Penghitungan Pilkada Serentak 'Down' Situs KPU dan penghitungan Pilkada Serentak pada Sabtu (30/6) lumpuh tak bisa diakses. (Foto: CNN Indonesia/Andry Novelino)
Jakarta, CNN Indonesia -- Situs penghitungan hasil Pilkada Serentak Komisi Pemilihan Umum (KPU) lumpuh tak bisa diakses pada Sabtu (30/6) pagi.

Pantauan CNNIndonesia.com pada Sabtu hingga pukul 08.05 WIB situs yang beralamat di https://infopemilu.kpu.go.id/ tidak bisa diakses. Keterangan yang tertulis menunjukkan bahwa situs tidak bisa dijangkau.

Laman penghitungan hasil Pilkada Serentak di sejumlah daerah seperti Jawa Barat, Jawa Tengah, hingga Sumatera Utara menunjukkan hasil serupa yakni tak bisa diakses.


Bukan hanya situs penghitungan hasil suara, di saat yang bersamaan CNNIndonesia.com juga mencoba membuka laman utama KPU.

Di saat yang bersamaan, laman utama situs KPU yang beralamat di https://www.kpu.go.id/ juga lumpuh tak bisa diakses. Namun pada pukul 09.15 WIB situs KPU ini sudah bisa diakses meskipun masih lambat. 

Situs KPU dan Hasil Pilkada Serentak <i>Down<i/>Foto: Screenshot via kpu.go.id

Sontak, hal ini memicu kebingungan pengguna internet. Sejumlah pemilik akun Twitter mempertanyakan situs penghitungan PIlkada Serentak milik KPU yang tak bisa diakses sejak Jumat (29/6) malam.






Namun, pengguna media sosial lain mempertanyakan situs KPU dan penghitungan yang sesekali tak bisa diakses usai proses Pilkada Serentak rampung pada Rabu (27/6).

Hingga tulisan ini dibuat, kedua laman situs tersebut masih belum bisa diakses. Selain itu juga belum diketahui penyebab situs lumpuh. (evn)