Rute Alternatif Perluasan Ganjil Genap di Jakarta Selatan

Rayhand Purnama, CNN Indonesia | Selasa, 03/07/2018 14:09 WIB
Rute Alternatif Perluasan Ganjil Genap di Jakarta Selatan Ilustrasi. (Foto: CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kepolisian dan Dinas Perhubungan DKI Jakarta telah menyusun skema mengenai jalur alternatif pasca perluasan sistem lalu lintas ganjil-genap di sejumlah jalur Ibukota.

Jalur alternatif pun terbagi ke beberapa jalur sesuai dengan diberlakukannya sistem tersebut untuk memudahkan pengguna kendaraan pribadi (roda empat) yang pelat nomor kendaraannya tidak sesuai dengan tanggal.

Termasuk wilayah perluasan Ganjil Genap di Jakarta Selatan, kepolisian telah memetakan jalur alternatif. Misalnya, pengendara dapat menggunakan Jalan Warung Jati Barat, Jalan Pejaten Raya, Jalan Pasar Minggu, Jalan Soepomo, Jalan Saharjo dan seterusnya.
Lalu, masih di wilayah Jalarta Selatan, pengemudi juga dapat mengambil jalur di Jalan RA Kartini, Jalan Ciputat Raya dan seterusnya.


Menurut Kepala Subdit Penegakan Hukum Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jata Ajun Komisaris Besar Budiyanto, pihaknya tidak hanya menyediakan rute-rute sebagai altenatif masyarakat untuk menghindari Ganjil Genap.

Melainkan juga, kata dia pihaknya sudah menerjunkan sejumlah personel pada setiap jalur alternatif untuk mengantisipasi kepadatan kendaraan pada ruas tersebut.
"Kami tahu pasti ada kemungkinan jalur alternatif akan padat, makanya kami siagakan personel di sana. Tapi sejauh ini (sejak kemarin) masih aman terkendali," ujar Budiyanto saat dihubungi CNNIndonesia.com, Selasa (3/6).

Ia pun menambahakan, jika situasi lalu lintas sudah terpantau padat atau stuck di jalur alternatif, kepolisian dipastikan juga sudah menyiapkan jalur lain untuk mengarahkan pengendara agar kemacetan terurai.

"Tapi itu lihat kondisi atau situasional saja," ucap dia.
Sementara itu, ruas jalan di Jakarta Selatan yang turut terkena Ganjil Genap, di antaranya adalah Jalan MT Haryono (simpang Universitas Kristen Indonesia- simpang Pancoran- simpang Kuningan) dan Jalan HR Rasuna Said.

Selanjutnya, Jalan Metro Pondok Indah (simpang Kartini- Bundaran Metro Pondok Indah- simpang Pondok Indah- simpang Bungur- simpang Gandaria City- simpang Kebayoran Lama).

Sedangkan jika ingin menggunakan kendaraan umum dari arah Selatan, masyarakat dapat memakai jasa Transjakarta Koridor 6 (Ragunan- Dukuh Atas), Koridor 7 (Kampung Rambutan- Kampung Melayu), dan Koridor 8 (Lebak Bulus- Harmoni).

Selain itu Transjakarta juga menyediakan bus feeder atau pengumpan di Jalan Sudirman, Jalan MH Thamrin, Jalan Benyamin Sueb, Jalan A Yani, Jalan MT Haryono, Jalan Gatot Subroto, Jalan HR Rasuna Said dan Jalan Metro Pondok Indah. (age/age)