Deretan Video Tik Tok yang Resahkan Netizen

JNP, CNN Indonesia | Selasa, 03/07/2018 19:23 WIB
Deretan Video Tik Tok yang Resahkan Netizen Ilustrasi (diolah dari Istockphoto/Halfpoint)
Jakarta, CNN Indonesia -- Aplikasi video musik Tik Tok menjadi perbincangan hangat saat ini. Aplikasi ini nyatanya dinilai banyak orang membawa hal-hal negatif. Untuk mengejar jumlah like yang banyak, para remaja ini bukannya melakukan kreativitas malah melakukan sebuah aksi yang membuat geleng-geleng kepala.

Jengah dengan tingkah laku pengguna Tik Tok yang menghilangkan esensi kreativitas , masyarakat mendesak Kementerian Komunikasi dan Informastika untuk memblokir aplikasi Tik-Tok. Melalui situs change.org, petisi "Blokir Aplikasi Tik Tok" sudah dibuat sejak tiga minggu lalu.

Petisi yang sudah ditandangani 123.800 orang ini berisikan permintaan terbuka kepada Kementerian Komunikasi dan Informatika untuk memblokir Aplikasi Tik Tok. Pembuat petisi, Rizky Budiman mengatakan sejumlah contoh keburukan Tik Tok seperti para pengguna Tik Tok yang berbaju minim sembari bergoyang.
"Mereka generasi kita, mari kita lindungi dari aplikasi yang bisa menimbulkan keterbelakangan mental generasi muda. Blokir Sekarang, Sebelum menjadi penyakit mental di masa mendatang," tulis Rizky dalam petisi itu.


Ambil saja salah satu contoh tren di Tik Tok, dalam aplikasi itu pengguna Tik Tok mencampurkan air deterjen cair, deterjen bubuk, cairan pencuci piring, bahkan mencampurkan ketiganya. Deterjen dalam gelas ini lantas seolah-olah seperti diminum lantaran isinya berkurang saat direkam.

Tapi diakhir video para pembuat video menunjukkan bahwa sebenarnya gelas yang digunakan sudah dibolongi, sehingga mereka tidak benar-benar meminumnya. Namun hal ini menimbulkan kekhawatiran bahwa pengguna yang lebih muda malah menyalah artikan aksi ini dan benar-benar meminum deterjen tersebut.

Tak hanya itu baru-baru ini juga terdapat video viral di media sosial yang memperlihatkan dua bidan yang bermain aplikasi Tik Tok sambil menggendong bayi. Tak hanya itu, mereka bahkan mempermainkan wajah bair itu mengikuti irama musik Tik Tok. Mereka diduga bekerja di salah satu klinik rumah sakit di kawasan Tambun, Bekasi.
Tak jarang pengguna Tik-Tok juga menggunakan baju minim yang memamerkan aurat sembari berjoget eksotis mengikuti irama. Akar masalahnya sama dengan Bigo, untuk mengejar jumlah penonton.

Nama Prabowo Mondardo, beken dengan nama Bowo Alpenliebe juga melambung karena aplikasi Tik Tok. Bahkan ia kini sudah memiliki basis fans yang rela mendirikan agama dengan Bowo sebagai Tuhannya. Hal ini disampaikan oleh salah satu lewat postingan foto dengan Bowo di Facebook.

Bocah berusia 13 tahun ini juga memiliki jumlah follower sebanyak 311 ribu. Menunggangi kepopulerannya, Bowo bahkan sering melakukan jumpa fans dengan mematok harga setidaknya Rp 80 ribu bagi para fansnya. (eks/age)