Grab Ungkap PR Besar Fasilitasi Pengemudi dan Pengguna

RBC, CNN Indonesia | Jumat, 06/07/2018 07:03 WIB
Grab Ungkap PR Besar Fasilitasi Pengemudi dan Pengguna Kepala bagian desain produk untuk Grab Ventures, Rudi Lim. (dok. CNN Indonesia/RBC)
Jakarta, CNN Indonesia -- Grab mengungkap pekerjaan rumah besar untuk mendesain layanan yang bisa memberikan kemudahan bagi pengguna dan mitra pengemudinya.

Kepala bagian desain produk untuk Grab Ventures, Rudi Lim menyebut ada banyak aspek yang harus dipertimbangkan saat merancang antarmuka (user interface/ UI) yang nyaman untuk digunakan. Ia mengatakan proses panjang kerap dilalui ia dan tim untuk membuat desain UI yang 'ramah pengguna'.

"Pekerjaan kami bukan sekadar mendesain aplikasi, melainkan mendesain sebuah layanan," ucap Rudi saat ditemui di kantor Grab di kawasan Jakarta Selatan, Kamis (5/7).


Ia mencontohkan pengemudi GrabBike yang kesulitan menggunakan ponsel ketika mengendarai motor ketimbang pengemudi GrabCar. Pasalnya, pengemudi motor tak bisa membuka peta, menerima order, dan berkomunikasi dengan pelanggan sambil berkendara. Lain halnya dengan pengemudi mobil yang bisa meletakkan ponselnya di dashboard.

Hal-hal semacam ini yang dimaksud Rudi bahwa Grab harus mendesain sebuah layanan, tidak hanya mendesain aplikasi yang sekadar bisa digunakan oleh pelanggan. Hingga saat ini persoalan tersebut masih menjadi pekerjaan rumah untuk tim desain di Grab.

Rudi berarap ia dan tim bisa menghadirkan layanan yang lebih personal bagi setiap pengguna dengan kultur dan kebiasaan beragam. Untuk mencapainya, ia menyebut tengah berupaya melihat segala sesuatu yang berkaitan dengan layanan mereka-- tidak sebatas aplikasi saja.

"Aplikasi tidak bisa menyelesaikan semua masalah. Terkadang, kita malah menemukan solusi ketika melihat ke luar, melihat lingkungan yang berada di sekitar layanan kita," imbuhnya. (evn)