Tip Startup

Cara Grab Agar Cepat Luncurkan Produk dan Fitur Baru

RBC, CNN Indonesia | Sabtu, 07/07/2018 18:23 WIB
Cara Grab Agar Cepat Luncurkan Produk dan Fitur Baru Rudi Lim, Kepala bagian Product Design untuk Grab Ventures (CNN Indonesia/Rebeca Joy Limardjo)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kecepatan menjadi hal yang sangat penting dalam dunia bisnis di era serba digital yang dinamis ini. Tak terkecuali bagi tim pengembang produk dan layanan digital.

Mereka yang bertugas untuk meluncurkan produk dan fitur baru seringkali terkendala bagaimana cara untuk menciptakan sistem kerja yang cepat.

Hal serupa juga sempat dialami tim pengembang produk Grab. Namun, mereka berhasil mengatasinya dengan mengubah metode kerja mereka agar inovasi bisa direalisasi lebih cepat.



Metode lawas


Kepala bagian Product Design untuk Grab Ventures, Rudi Lim bercerita, bahwa dulu timnya bekerja dengan metode vertikal dimana tiap ide dan inovasi dikerjakan bertahap pada tim terpisah.

Diawali dengan tahap identifikasi inovasi apa saja yang ingin dikerjakan, kemudian hal tersebut akan dioper ke tim desain untuk membuat fitur yang diminta.

Setelah itu, akan dilakukan implementasi atau uji coba. Jika fitur tersebut dianggap bekerja dengan baik, maka akan dilakukan verifikasi, dan berlanjut hingga tahap pemeliharaan setelah fitur diluncurkan.


Metode baru


Namun, metode ini dianggap tidak mampu mengeksekusi ide dan inovasi dengan cepat sehingga memakan banyak waktu. Pasalnya, ketika terjadi satu kendala di satu tahap, ide harus dioper kembali ke tim sebelumnya. Putar balik ini lah yang menyebabkan waktu pengerjaan proyek bisa molor berkali lipat.

Karena itu, mereka mengubah sistem ini menjadi sesuatu yang lebih terbuka. Metode yang mereka terapkan kali ini tidak lagi berjenjang secara vertikal. Melainkan dengan metode horizontal dimana setiap tim terpisah sebelumnya dilebur dalam tim yang sama. Sehingga dalam proses pengerjaan proyek inovasi telah dipikirkan bersama oleh semua tim berbeda sejak awal.

"Satu hal yang kami lakukan adalah kami membuat semua orang bekerja di satu ruangan yang sama. Para desainer, orang dari bagian produk, bagian bisnis, para ahli teknis, semua duduk bersama. Hal ini membuat pengembangan dan eksekusi ide jauh lebih cepat dan sederhana," ujar Rudi, saat ditemui di kantor Grab di kawasan Jakarta Selatan, Kamis (5/7).

Koordinasi lebih baik

Menurutnya, sekarang setiap divisi dapat langsung berkoordinasi dengan divisi lain dengan mudah dan cepat, tanpa harus melalui sebuah urutan atau sistem.

Selain membuat proses lebih cepat, strategi ini pun memungkinkan seluruh anggota tim untuk memahami setiap tahap dalam pengembangan ide, bukan hanya memahami bagian yang harus dikerjakan oleh divisinya saja.

"Terkadang ketika bekerja secara terpisah, apa yang dipikirkan oleh satu tim belum tentu yang dipikirkan oleh tim lain. Dengan metode yang sekarang, kami tahu kami sedang membuat satu produk yang sama," kata Rudi.

Ia menyebut, dengan sistem yang sekarang berjalan, Grab dapat memenuhi tuntutan kecepatan dan kualitas dengan jauh lebih baik ketimbang sebelumnya. (eks/eks)