Suzuki Jimny Baru Diluncurkan di Jepang

Rayhand Purnama, CNN Indonesia | Jumat, 06/07/2018 10:29 WIB
Ada dua pilihan mesin, yaitu kode RO6A 660cc dan K15B 1.500cc baru dengan tenaga yang lebih besar dari sebelumnya. Suzuki Jimny 2019 (Courtesy of Suzuki)
Tokyo, CNN Indonesia -- All-new Suzuki Jimny akhirnya diluncurkan di Jepang setelah 20 tahun tidak mengalami ubahan secara drastis. Kemampuan jelajah generasi keempat Jimny diakui telah meningkat seiring perkembangan zaman.

Ada dua pilihan mesin, yaitu kode RO6A 660cc dan K15B 1.500cc baru dengan tenaga yang lebih besar dari sebelumnya. Untuk sistem penggeraknya masih mengandalkan 4WD dengan kemampuan offroad terbaik.

Memasuki model terbarunya Jimny mengusung bodi 'kotak' yang akrab dengan wujud lawas Jimny generasi kedua. Kendati demikian, konsumen tak akan merasa 'terkurung' di kabin penumpang karena interiornya diklaim Suzuki lebih luas.
Sebagai mobil 'pekerja keras', Jimny tetap mempertahankan sasis tangga (ladder frame) yang dikaitkan dengan suspensi 3-link axle. Pada sistem 4WD tersimpan fitur LSD (limited slip-differential) traction control yang menjadi fitur standar untuk semua tipe. Ini belum termasuk fitur keamanan terbaru 'Suzuki Safety Support'.


Dan fitur-fitur itu bergabung dengan sistem mekanikal Jimny yang sudah diakui kemampuannya sebagai mini jip.

Sementara ukuran tubuh yang kompak telah diperhitungkan untuk menciptakan gaya manuver terbaik di kelasnya di samping mengutamakan kemudahan berkendara di setiap kondisi jalan. Wajar jika hal baru pada Jimny 2019 akan dicari banyak orang, khususnya konsumen yang memiliki jiwa petualang.
Pembaruan yang terjadi ini juga menyimpulkan bahwa penampilan Jimny baru mewarisi konsep dan teknologi terbaik hampir setengah abad sejak generasi pertama Jimny diluncurkan pada 1970 yang saat itu Jimny merupakan mobil 4WD pertama di Jepang.

Saat kali pertama muncul, mini jip Jimny sangat diandalkan sebagai alat transportasi di lokasi pegunungan hingga jalan medan bersalju.

Jimny telah dipasarkan ke 194 negara di dunia dengan 285 juta unit terjual. Menurut informasi, harga Suzuki Jimny baru di Jepaang dijual mulai Rp189 juta. Model baru Jimny diproduksi di pabrik Kosai Jepang untuk pertama kalinya dan didistribusikan ke seluruh dunia termasuk Indonesia. (mik)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK