Sebulan, Sopir Gojek Habiskan Pulsa Rp150 Ribu dan 10 GB Data

JNP, CNN Indonesia | Jumat, 06/07/2018 16:54 WIB
Sebulan, Sopir Gojek Habiskan Pulsa Rp150 Ribu dan 10 GB Data Ilustrasi pengemudi Gojek (ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga)
Jakarta, CNN Indonesia -- Paket data menjadi salah satu kebutuhan pokok para pengemudi transportasi online. Paket data dan pulsa telepon dianggap membuat pendapatan para pengemudi berkurang cukup signifikan. Kebutuhan telekomunikasi menjadi krusial bagi pengemudi.

Gojek mencatat dalam sebulan 80 persen pengemudi menghabiskan lebih dari Rp 150 ribu setiap bulannya untuk pulsa telepon. Selain itu, 62 persen pengemudi menghabiskan paket data di atas 10 GB.

"Paket data dan pulsa menjadi kebutuhan pokok para pengemudi untuk bekerja. Bisa dibayangkan banyaknya pulsa yang dikeluarkan untuk sms, membeli paket data, dan menghubungi pelanggan," kata Vice President Driver Communities GoJek Jaka Wiradisuria di bilangan Senayan, Jakarta Selatan, Jumat (6/7).
Untuk itu, Telkomsel meluncurkan paket khusus untuk mitra pengemudi transportasi online. Bukan hanya pengemudi Gojek tapi juga berlaku untuk pengemudi Grab, seperti tertulis dalam siaran pers yang diterima CNNIndonsia.com, Jumat (6/7). Dengan harga Rp 75 ribu, pengemudi bisa mendapatkan paket data 15 GB, gratis telepon sesama pengguna Telkomsel, telepon 200 menit ke seluruh operator, dan 500 SMS ke sesama operator.


Primadi mengatakan paket ini membuat para pengemudi lebih hemat 50 persen mengingat penggunaan pulsa pengemudi setiap bulannya di atas Rp 150 ribu.
Sebagai perbandingan, saat ini Telkomsel memiliki paket data promo sebesar 15 GB dengan harga Rp 95 ribu yang bisa diakses oleh seluruh pengguna Telkomsel.

Vice President Corporate Account Accout Management Telkomsel, Primadi Putra mengatakan promo khusus untuk mitra ini akan berlangsung selama kerja sama masih ada. Sementara itu, paket promo untuk masyarakat hanya akan berlangsung dalam periode tertentu.

"Kerjasama paket itu selamanya akan diberikan terus ke mitra. Kalau promo itu tidak long lasting dan selalu berubah setiap bulannya. Paket mirip tapi kalau yang konsumen itu ada paket paket unggulan atau paket promo yang selalu dievaluasi promonya setiap satu bulan," kata Primadi.

VP Corporate Communications Gojek, Michael Say mengatakan peluncuruan rilis ini karena dari satu juta lebih pengemudi Gojek, 800 ribu di antaranya merupakan pengguna Telkomsel. Selain itu keputusan ini juga berdasarkan pertimbangan hasil kopdar manajemen dengan para mitra.

Oleh karena itu tentu pemilihan Telkomsel ini bisa digunakan untuk kepentingan mitra. Kendati demikian, Michael mengatakan tidak memaksa mitra untuk beralih ke Telkomsel. Michael membebaskan pilihan ke Mitra.

"Kalau pilihan operator kami serahkan ke mitra. Kami tidak bisa maksa dan mewajibkan mereka. Ya tapi Telkomsel ini memiliki manfaat yang besar. Karena penelitian kami ini mitra menggunakan biaya di atas Rp 150 ribu. Dapat 15 GB dengan telfon 200 menit ke seluruh operator. Pada intinya kami maksimalkan pendapatan mitra Gojek," kata Michael. (eks/eks)