Ada Tiket Gratis di Aplikasi Asian Games 2018

JNP, CNN Indonesia | Selasa, 10/07/2018 23:59 WIB
Ada Tiket Gratis di Aplikasi Asian Games 2018 Ilustrasi (REUTERS/Kim Hong-Ji)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) akan berikan tiket gratis nonton Asian Games 2018 bagi dua orang di tiap provinsi. Caranya, pengguna mesti mendaftarkan diri sebagai calon duta suporter Indonesia di aplikasi "Duta Suporter Indonesia". Aplikasi ini hanya bisa diunduh di Google Play Store.

"Setiap provinsi akan terpilih dua wakil, laki-laki dan perempuan. Kami akan undang 68 pemenang lomba untuk mengikuti pembukaan dan menonton cabang olahraga," ujar Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik Kemkominfo Niken Widiastuti di Hotel Milenium Sirih, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Selasa (10/7).

Pendaftaran dibuka mulai dari soft launching Asian Games di Palembang hari ini (7/7) hingga 7 Agustus mendatang. Siapapun bisa mendaftarkan diri menjadi calon duta.


Para calon duta ini mesti mengumpulkan vote agar menjadi pemenang. Vote itu dikumpulkan dari berbagai "tugas" yang dibuat para calon duta ini. Dalam tugas itu, para calon duta diminta untuk menjalani beberapa tugas seperti menulis, membuat video, dan foto seputar Asian Games.

"Ketika terpilih menjadi calon duta akan mendapat tugas. Termasuk menulis, mengirimkan foto dan video. Ini akan di vote oleh masyarakat dari provinsi yang calon duta wakilkan. Untuk mencari suara, calon duta bisa menyebarkan karya itu lewat media sosial," ujar anggota Tim Developer "Duta Suporter Indonesia", Enda Nasution.

Vote hanya bisa diberikan dari masyarakat yang berada di satu provinsi yang sama dengan calon duta. Pemenang vote akan diumumkan pada 7 Agustus mendatang.
Kuis harian

Enda mengatakan bagi masyarakat yang tidak ingin menjadi calon duta masih bisa berpartisipasi dalam aplikasi ini. Aplikasi ini memiliki fitur "kuis harian". Enda mengatakan dalam aplikasi ini juga ada informasi dan berita seputar Asian Games.

"Kalau tidak jadi duta, ada fitur kuis harian juga. Setiap harinya akan ada kuis, sudah mulai dari tanggal 7 Juli kemarin. Bisa dapat merchandise Asian Games, setiap harinya ada 10 hadiah," kata Enda

Enda mengklaim dalam waktu tiga hari sejak diluncurkan, sekitar 10 ribu orang telah terdaftar sebagai pengguna. Informasi mengenai aplikasi ini juga telah menjangkau tiga juta pengguna media sosial di Indonesia.
"Exposurenya sudah ada tiga juta orang yang tahu dari 34 provinsi. Nantinya tentu angka ini akan terus berkembang sampai perhelatan Asian Games usai," kata Enda.

Aplikasi ini dibuat untuk melibatkan seluruh masyarakat Indonesia tidak hanya masyarakat di Jakarta dan Palembang di mana Asian Games dihelat.

Niken mengatakan belum masyarakat dalam hidupnya bisa merasakan Indonesia sebagai tuan rumah untuk kedua kalinya. Terakhir, Indonesia menjadi tuan rumah Asian Games pada 1962. (eks)