Produksi Kamera Mirrorles Nikon 1 Dihentikan

Eka Santhika, CNN Indonesia | Kamis, 12/07/2018 14:10 WIB
Produksi Kamera Mirrorles Nikon 1 Dihentikan Produksi kamera mirrorless Nikon 1 dihentikan. (Foto: Nikon)
Jakarta, CNN Indonesia -- Nikon diam-diam menghentikan produksi kamera mirrorless seri Nikon 1 miliknya. Ini adalah satu-satunya kamera mirrorless yang ada dalam katalog Nikon.

Selain menghentikan produksi, Nikon juga sudah menandai kamera ini sebagai produk yang tak lagi diproduksi pada situs resminya di Jepang.

Rumor mengenai niat Nikon untuk menghentikan produksi kamera mirrorlessnya ini memang santer beredar setahun belakangan ini. Pasalnya, produk terakhir lini kamera ini meluncur tiga tahun lalu, 2 April 2015.


"Kamera, lensa, dan aksesoris seri Nikon 1 memang tidak lagi diproduksi," jelas Nikon kepada DPReview, seperti dikutip TechRadar.

Selain itu, Nikon juga memberikan email kepada para penggunanya bahwa Nikon 1 J5 dan beberapa produk Nikon 1 lainnya masih tersedia di beberapa penjual di beberapa negara.

Saat ini, beberapa lini produk Nikon 1 seperti J5, V3, dan AW 1 masih tersedia di situs Nikon dan masih bisa dibeli.
Seri Niken 1 pertama kali diproduksi pada 21 September 2011 lewat produk J1 dan V1. Sejak saat itu, mereka telah meluncurkan 11 kamera berbeda dan 12 lensa untuk Nikon 1. Mereka juga mengeluarkan aksesoris kamera seperti flash, case, GPS, dan lainnya.

Tahun lalu, Tetsuro Goto, Director of Laboratory Research and Development, Nikon Jepang, sempat menyatakan kepada situs Xitek, "(Format) full frame tengah menjadi tren [...] jika Nikon akan mengembangkan mirrorless, kamera itu mesti dalam format full frame," jelasnya. (eks/eks)


BACA JUGA