PCX Hybrid Rakitan Lokal Dijual Rp40,3 Juta

Rayhand Purnama, CNN Indonesia | Jumat, 13/07/2018 19:06 WIB
PCX Hybrid Rakitan Lokal Dijual Rp40,3 Juta Honda PCX hybrid dijual dengan harga Rp40,3 juta on-the-roda Jakarta. (CNN Indonesia/Rayhand Purnama Karim JP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Honda PCX hybrid akhirnya diluncurkan di Indonesia dengan harga Rp40,3 juta on-the-road Jakarta atau lebih mahal Rp12,5 juta dari PCX tipe terendah yang dibanderol Rp27,8 juta.

Seperti PCX konvensional, tipe hybrid ini juga menggendong mesin kapasitas 149,3 cc. Bedanya PCX hybrid menyimpan baterai yang terdiri dari beragam tipe, seperti di antaranya MF tipe 12 volt 3 Ah dan lithium-ion tipe 50.4 v-4 Ah yang menyuplai tenaga ke motor assist.

Fungsi dari motor assist itu sendiri mampu meningkatkan torsi sehingga meningkatkan akselerasi kendaraan. Dengan performa yang lebih responsif, teknologi hybrid PCX diklaim mampu menghemat lebih dari 2,2 persen dalam penggunaan bahan bakar berdasarkan pengetesan Euro 3 dengan menggunakan metode ECE R40.


Manufaktur berlogo sayap mengepak itu menyediakan berkendara pada batang kemudi di sisi kiri. Mode ini akan berfungsi saat motor assist memberikan dukungan tenaga, di mana mode tersebut terbagi menjadi tiga mode pilihan yang memiliki fungsi masing-masing sesuai dengan kebutuhan pengendara.
Mode 'D' (drive) merupakan mode standar saat mesin motor dinyalakan, dengan begitu pengendara bisa merasakan performa bertenaga tapi hemat bahan bakar.

Selanjutnya mode 'S' (sport mode) untuk pengendara yang ingin merasakan akselerasi lebih responsif dibanding mode D. Lalu mode 'idling', pengendara dapat menghentikan fungsi dari fitur Idling Stop System (performa tenaga sama seperti mode D).

"Motor ini masih terus berusaha menyuguhkan kendaraan dengan inovasi terbaru. Berbagai macam fitur yang disematkan pada model ini kami dedikasikan untuk memberi pengalaman berkendara yang menyenangkan," kata Presiden Direktur AHM Toshiyuki Inuma di kawasan Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat (13/7).

Dengan kolaborasi motor dan mesin konvensional, tenaga yang disemburkan mencapai 14,4 tenaga kuda pada 8.500 rpm dan torsi maksimal 13,2 nm pada 6.500 rpm.
Sedangkan dari sisi tampilan, motor ini masih sama dengan PCX konvensional. Honda PCX hybrid tersedia pilihan warna Hybrid Blue dan tambahan logo hybrid di sisi bodi.

Skutik ini dilengkapi fitur baru full digital panel meter untuk menampilkan beragam informasi tambahan seputar mode berkendara, level pengisian baterai dan indikator baterai.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Marketing AHM Thomas Wijaya menyebut jika produk barunya ini sudah mendapat respon baik dari para konsumen Honda. Bahkan, pesanan untuk PCX hybrid sudah diperoleh sampai kini sebanyak 100 unit. (mik/mik)


BACA JUGA