Adobe Akan Luncurkan Photoshop Versi Desktop di iPad

Eka Santhika, CNN Indonesia | Senin, 16/07/2018 15:15 WIB
Adobe Akan Luncurkan Photoshop Versi Desktop di iPad Ilustrasi (REUTERS/Dado Ruvic)
Jakarta, CNN Indonesia -- Adobe akan meluncurkan aplikasi Photoshop dengan fungsi penuh (full version) untuk iPad. Rencananya aplikasi ini akan diumumkan pada Oktober mendatang ketika Adobe mengadakan konferensi tahunan MAX Creative. Sementara aplikasinya sendiri diperkirakan akan meluncur tahun depan.

Meski demikian, masih ada kemungkinaan penundaan peluncuran akibat masalah teknis, jelas sumber Bloomberg.

Strategi ini dilakukan untuk mendorong angka pengguna berbayar di platformnya. Selain itu, Adobe mengungkap saat ini penggunanya lebih senang mengedit foto sembari di jalan, seperti diungkap Chief Product Officer dari Creative Cloud, Scott Belsky.
Sehingga aplikasi Adobe Photoshop yang memiliki fungsi lengkap ini akan memenuhi keinginan pengguna itu. Selain itu, hal ini juga mendukung strategi Adobe agar softwarenya bisa diakses dari banyak perangkat.


Saat ini Adobe masih meniti perjalanan transformasi perusahaan yang mendominasi software kreatif multimedia itu. Sebelumnya, Adobe mengalihkan semua aplikasinya ke cloud pada 2012.

Setelah itu, mereka meluncurkan layanan dengan model bisnis berlangganan. Model bisnis ini berhasil mendongkrak penjualan dua kali lipat pada tahun fiskal tahun ini. Saham perusahaan itu pun meroket lebih dari 700 persen.

Baru-baru ini, Adobe juga telah mulai memperkenalkan layanannya kepada para penghobi. Mereka lebih suka bekerja lewat perangkat mobile ketimbang PC. Meski demikian, Adobe masih belum juga meluncurkan aplikasi yang memiliki fungsi selengkap versi desktop.

Belsky juga sempat mengonfirmasi bahwa perusahaannya memang tengah mengembangkan platform baru yang akan menghubungkan Photoshop dengan aplikasi lainnya. Namun ia menolak untuk menyebutkan kapan platform itu akan diluncurkan.

"Keinginan kami adalah untuk meluncurkan aplikasi ini secepatnya ke pasar," jelasnya dalam sebuah wawancara.

"Masih banyak hal yang harus dilakukan agar produk ini secanggih dan senyaman aplikasi PC dan bisa bekerja di perangkat modern seperti iPad. Kami perlu membawa produk tersebut di era kolaboratif berbasis cloud seperti saat ini."

Layanan awan Adobe yang bisa diakses dengan layananan berbayar itu disebut sebagai Adobe Creative Cloud. Mereka yang membayar biaya berlangganan bisa mengakses semua software Adobe, seperti Photoshop, Premiere, Illustrator dari perangkat Windows maupun Mac.

Sementara untuk perangkat mobile seperti iOS dan Android, Adobe menyediakan aplikasi terpisah, seperti Photoshop Mix. Tapi aplikasi mobile ini tak memiliki fungsi selengkap Photoshop.

Namun, aplikasi Adobe yang ditaruh di awan tersebut masih menggunakan arsitektur lawas yang memiliki dasar berbeda untuk tiap sistem operasi.

Aplikasi baru ini nantinya selain membuat pengguna bisa menjalankan aplikasi dengan fungsi penuh di iPad. Tak cuma itu, pengguna juga bisa langsung melanjutkan pengeditan begitu mereka berganti perangkat. (eks/age)


ARTIKEL TERKAIT