Elon Musk Serang Ejekan Soal Kapal Selam SpaceX di Thailand

RBC, CNN Indonesia | Senin, 16/07/2018 17:25 WIB
Elon Musk Serang Ejekan Soal Kapal Selam SpaceX di Thailand Kapal selam mini buatan SpaceX ini diejek tim penyelamat di goa Thailand, Elon Musk lakukan serangan balik (Twitter @elonmusk/via REUTERS)
Jakarta, CNN Indonesia -- CEO SpaceX dan Tesla Elon Musk mengunggah cuitan yang kemarin (15/7) sempat menggemparkan Twitter. Kali ini yang menjadi korban adalah Vernon Unsworth, salah satu tim penyelamat yang membantu mengeluarkan tim sepak bola yang terjebak di Gua Tham Luang, Thailand. Musk menuduhnya sebagai seorang pedofil.

Tuduhan tersebut terjadi setelah Unsworth menyebut prototipe kapal selam mini milik Musk sebagai "sebuah pencitraan." Kapal selam yang dirancang oleh para insinyur SpaceX itu tadinya dibawa ke Gua Tham Luang untuk membantu evakuasi, tetapi akhirnya tidak terpakai karena dianggap tidak praktis.

Dalam sebuah wawancara dengan CNN, Unsworth mengatakan bahwa kapal selam mini itu sudah pasti tidak dapat digunakan. "Ia akan gagal dalam 50 meter pertama dari titik awal penyelaman," jelasnya.


Ia juga menyebut bahwa kapal selam mini itu terlalu rapuh dan tidak akan berhasil melewati lekukan-lekukan di gua. "Dia tak tahu apa-apa soal misi penyelamatan gua. Ini hanya aksi membual."

Sesaat setelah itu, Musk mengunggah cuitan yang menuduh Unsworth sebagai seorang pedofil. Ia pun menyebut akan membuktikan bahwa kapal selam mini karyanya dapat dengan mudah masuk ke gua tempat para korban terjebak.

Ketika para netizen mulai menanggapi dan mengatakan bahwa tuduhan tersebut tidak adil dan tidak berdasar, Musk kembali membalas dan berani bertaruh bahwa tuduhannya benar. Namun, sekarang cuitan-cuitan tentang Unsworth ini sudah dihapus dari akun Twitter Musk.

Para juru bicara Musk dan perusahaan-perusahaannya tidak memberikan komentar tentang hal ini. (eks/eks)