Tiru Tarian 'Take L' di Gim Fortnite, Netizen Kecam Griezmann

JNP, CNN Indonesia | Senin, 16/07/2018 18:07 WIB
Griezmann menirukan gerakan tarian 'Take L' di gim Fortnite usai mencetak gol, aksinya ini mendapat kecaman netizen lantaran dianggap merendahkan. Antoine Griezmann pemain Perancis (REUTERS/Kai Pfaffenbach)
Jakarta, CNN Indonesia -- Gim genre "battle royale" Fortnite memiliki pengaruh yang luas tidak hanya pada dunia gim tapi juga kepada dunia sepak bola.

Setelah menjadi momok pembicaraan di dunia dengan pendapatan pada bulan Maret dan April mencapai US$ 523 juta atau setara dengan Rp 7,5 Triliun, Fornite kembali menjadi bahan pembicaraan seluruh dunia setelah selebrasi dalam gim itu digunakan dan Final Piala Dunia 2018 antara Prancis melawan Kroasia.

Salah satu pemain Prancis, Antoine Griezmann "meniru" selebrasi yang bernama "Take the L" dalam game Fortnite saat merayakan gol yang dibuatnya pada Piala Dunia 2018.


[Gambas:Youtube]

Seusai mencetak gol penalti, Griezmann berlari ke sudut lapangan. Ia kemudian membentuk tangannya menyerupai huruf L di dahinya sembari menggoyangkan kaki kiri ke kiri dan kaki kaki kanan ke kanan ala badut Pennywise di film IT.

[Gambas:Video CNN]

Selebrasi gol ini ia lakukan setelah mencetak gol penalti dalam laga final Piala Dunia 2018 kontra Kroasia dan memberi keunggulan 2-1 untuk Prancis. Sebelumnya, Griezmann juga melakukan selebrasi "Take The L) saat "menendang" Argentina dari Piala Dunia di babak 16 besar.



Selebrasi "Take the L" ini mendapat reaksi negatif dari netizne di lini masa Twitter. Pasalnya, selebrasi ini secara harfiah bisa dikatakan sebagai ejekan kepada pecundang atau pihak yang kalah. Huruf L merupakan simbol dari 'loser' atau pecundang.

Mayoritas netizen setuju bahwa selebrasi ini tidak menghormati pihak yang kebobolan gol. Mengingat dalam sepak bola seharusnya menjunjung tinggi sportivitas. Netizen berpendapat, seharusnya Griezmann lebih menghargai perasaan pemain lawan.





Selebrasi Fortnite ini sesungguhnya dilakukan oleh banyak pemain sepak bola ketika melakukan selebrasi. Di Piala Dunia ada winger timnas Inggris Jesse Linggard yang melakukan selebrasi tarian "Shoot" ketika melawan Panama dan gelandang Inggris lainnya, Dele Alli melakukan tarian "The Pony" ketika melawan Swedia.

[Gambas:Video CNN]

Gim Fortnite memang merupakan salah sau gim populer saat ini yang dimainkan oleh generasi milenial. Dalam fitur "Emote", karakter pemain Forntite bisa melakukan gerakan unik untuk melakukan selebrasi. (eks/eks)