Cara Simpan 'Chat' dari Yahoo Messenger yang Ditutup Hari Ini

Eka Santhika, CNN Indonesia | Selasa, 17/07/2018 15:30 WIB
Cara Simpan 'Chat' dari Yahoo Messenger yang Ditutup Hari Ini Ilustrasi (AFPTV)
Jakarta, CNN Indonesia -- Yahoo Messenger tak lagi bisa digunakan hari ini. Bagi pengguna yang masih memiliki aplikasi tersebut di ponsel ataupun komputer, sebaiknya segera menghapusnya. Sebab, mulai hari ini pengguna sama sekali tak bisa login ke layanan tersebut.

Meski demikian, ID Yahoo pengguna masih bisa digunakan untuk login produk Yahoo lain seperti Mail, Fantasy, dan sebagainya.

Sebelumnya Yahoo hanya memberi waktu hingga November 2018 bagi pengguna untuk menyimpan pesan mereka. Lewat dari batas waktu itu, pesan akan hilang sama sekali.


Bagi pengguna yang ingin menyelamatkan sisa-sisa pesan dan kenangan yang pernah tersimpan di Yahoo Messenger, berikut caranya.
  1. Buka ke situs untuk mengunduh arsip pesan di Yahoo Messenger.
  2. Masuk menggunakan identitas Yahoo Messenger.
  3. Pilih metode verifikasi yang dikehendaki, dan masukkan Kunci Akun yang dikirimkan kepada pengguna.
  4. Klik unduh.
  5. Masukkan email dimana arsip tersebut akan dikirim dan klik OK.
  6. Tunggu hasil unduhan di email tersebut.
Yahoo menyebut perusahaannya memutuskan untuk tak lagi meneruskan Yahoo Messenger lantaran mereka akan menggantinya dengan layanan baru, Squirrel.

Saat ini Squirrel masih dalam tahap beta sehingga hanya pengguna yang mendapat undangan saja yang bisa menggunakan layanan tersebut.

"Kami terus bereksperimen dengan layanan dan aplikasi baru, salah satunya adalah aplikasi pesan instan yang hanya bisa diakses dengan undangan yang disebut Yahoo Squirrel (saat ini dalam tahap beta)," seperti ditulis Yahoo dalam laman situsnya. (eks/eks)