Pratinjau Produk

Menjajal Kamera Tersembunyi Oppo Find X

JNP, CNN Indonesia | Jumat, 20/07/2018 17:05 WIB
Menjajal Kamera Tersembunyi Oppo Find X Oppo Find X hadir di Indonesia. (Foto: CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Oppo resmi meluncurkan flagship teranyarnya dari jajaran Find, Oppo Find X di Indonesia pada Rabu (18/7). Pasar global sudah terlebih dahulu menjajal ponsel ini yang di Museum Louvre, Paris beberapa waktu lalu.

Harga ponsel ini dibanderol 999 euro atau sekitar Rp16,3 juta. Sementara itu, di Indonesia Oppo Find X di Indonesia dirilis dengan harga yang lebih murah, yaitu Rp13 Juta.

Mengusung jargon "Future Flagship", Oppo Find X berusaha untuk mencari inovasi-inovasi terbaru dari jajaran ponsel premium yang dianggap Oppo monoton.
CNNIndonesia.com berkesempatan menjajal dengan singkat produk terbaru ini.


Desain layar screen ratio terbesar tanpa poni

Oppo mengklaim Oppo Find X memiliki rasio layar tertinggi di seluruh ponsel pintar dengan 93,8 persen. Ponsel ini mengusung teknologi Panoramic Arc Screen dengan layar berukuran 6,42 inci tipe Amoled, aspek rasio 19,5:9 dan resolusi 2340 x 1080 piksel.

Spesifikasi layar di atas memberikan sensasi visual yang maksimal karena membuat bagian pinggiran ponsel menjadi tipis. Jadi, bagian depan Oppo Find X seolah seluruhnya adalah layar tanpa ada modul kamera.

Oppo Find X menyembunyikan modul kamera di dalam bodi ponsel dengan mekanisme slider. Bagian bezel juga hanya tertinggal di bagian dagu Oppo Find X, ukurannya pun sangat tipis.
Menjajal Kamera Tersembunyi Oppo Find XDesain layar screen ratio terbesar tanpa poni. (Foto: CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Selain itu Oppo Find X tidak memiliki poni atau notch yang sebelumnya diperkenalkan oleh iPhone X. Saat iPhone X meluncur dengan poni itu, hampir seluruh ponsel premium mengikuti desain poni ini.

Oppo seolah hadir untuk menjawab suara konsumen yang tidak suka dengan keberadaan poni ini. Biasanya ponsel kekinian memiliki poni untuk menempatkan speakter telpon dan kamera depan.

Oppo Find X membersihkan itu semua dan menyembunyikan speaker depan di dalam badan ponsel. Kombinasi ketiadaan poni, kamera depan, dan speaker ponsel membuat wajah Oppo Find X terlihat bersih dan sepenuhnya merupakan layar.
Mirip dengan Samsung Galaxy S9, Oppo Find X menggunakan layar yang melengkung di kedua sisinya. Dengan lengkungan ini, Oppo Find X terasa pas di tangan meskipun memiliki dimensi 156,7 x 74,2 x 9,4 mm dengan berat 186 gram. Lebih berat daripada Samsung S9 dengan berat 163 gram.

Oppo Find X hadir dalam dua warna, Bordeaux Red dan Glacier Blue. Teknik pewarnaan multilayer disebutnya memberikan gradasi warna saat dilihat dari sudut yang berbeda. Dua warna ini membuat ponsel terlihat elegan yang memiliki efek warna-warni seiring dengan perubahan kondisi cahaya.

Kamera tersembunyi canggih

Pertama kali melihat Oppo Find X, konsumen pasti bingung karena ponsel ini terlihat tidak memiliki kamera depan dan belakang. Dalam keadaan layar dimatikan, ponsel memang seolah terlihat seperti cermin besar berbentuk persegi panjang.

Cara kerja dan penempatan modul kamera ini merupakan inovasi terbaru dalam industri ponsel pintar. Ternyata Oppo Find X memiliki teknologi Stealth 3D Camera yang menyembunyikan modul kamera di dalam badan ponsel.
Menjajal Kamera Tersembunyi Oppo Find XDengan mekanisme slider, modul kamera akan muncul (pop-up) dari atas ponsel kamera ketika pengguna akan menggunakan kamera. (Foto: CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Dengan mekanisme slider, modul kamera akan muncul (pop-up) dari atas ponsel kamera ketika pengguna akan menggunakan kamera. Sebelumnya, Oppo mengklaim mekanisme geser ini hanya membutuhkan waktu 0,6 detik untuk memunculkan modul kamera.

Berdasarkan pengamatan CNNIndonesia.com, durasi pergeseran ini tergantung apakah ponsel sedang digunakan untuk menggunakan aplikasi lainnya. Terkadang waktu yang dibutuhkan 1 detik untuk memunculkan kamera depan dan belakang.

CNNIndonesia.com hendak kecepatan membuka kamera ponse dengan membuka banyak aplikasi. Ketika membuka banyak aplikasi dalam waktu bersamaan, bahkan untuk membuka kamera dibutuhkan waktu 2 detik.

Dari sisi dapur pacu, Oppo Find X memiliki dapur pacu yang kuat pasalnya dipersenjatai dengan chipset terkuat milik Qualcomm saat ini yaitu Snapdragon 845, unit pengolahan grafis (GPU) Adreno 630, RAM 8 GB dan ROM 256 GB. Kendati demikian, Oppo Find X tidak menyediakan slot untuk memori eksternal.
Menjajal Kamera Tersembunyi Oppo Find XFoto: CNN Indonesia/Adhi Wicaksono

Banyak orang yang meragukan ketahanan mekanisme Stealth 3D Camera karena dianggap akan ringkih. Pergerakan kamera ini akan membuat perangkat cepat rusak.

Mengatasi keraguan tersebut, Oppo mengklaim telah melakukan uji coba buka tutup kamera sebanyak 300.000 kali beruturut-turut. Mekanisme ini diklaim bisa tahan minimal empat tahun.

Oppo juga mengklaim tersembunyinya kamera di dalam ponsel pintar membuat modul kamera semakin terlindung dari goresan. Oppo menjawab keraguan itu dengan keberadaan proximity sensor yang mampu menutup modul kamera secara otomatis jika Oppo Find X terdeteksi akan terjatuh.

Menjajal Kamera Tersembunyi Oppo Find XFoto: CNN Indonesia/Adhi Wicaksono

CNNIndonesia.com tidak bisa menguji sensor ini karena tidak mungkin menjatuhkan ponsel secara sengaja. Kendati demikian, modul kamera memang menutup jika disentuh dengan jari.

Namun, tidak dapat dipastikan proximity ini bisa seberapa cepat membaca sentuhan ketika ponsel terjatuh. Bagian depan dan punggung ponsel telah dilapisi Corning Gorilla Glass generasi kelima.

Kamera ganda hadir di bagian belakang dengan masing-masing resolusi 16MP dan 20MP dan bukaan lensa (aperture) f/2.0. Di bagian kamera depan dengan mekanisme stealth 3D camera memiliki resolusi 25 MP dengan bukaan yang sama.

Mewarisi DNA kecerdasan buatan ahlinya swafoto, Oppo Find X meningkatkan AI tersebut dengan beberapa komponen seperti Flood Illuminator, Infrared Camera, Dot Projector, Receiver, dan RGB Camera yang digunakan untuk memproyeksikan 15 ribu titik di wajah pengguna.

Kekurangan utama dari Oppo Find X adalah ketiadaaan pemindaian sidik jari sebagai pilihan kedua keamanan setelah pemindaian wajah. Oppo mengklaim rasio kesalahan pemindaian wajah hanya mencapai 1/1.000.000, lebih rendah dengan pemindaian sidik jari yang mencapai 1/50.000. Ketika CNNIndonesia mencoba face unlocking, memang terasa sangat cepat.


Spesifikasi Oppo Find X

Prosesor: Qualcomm Snapdragon 845 dan chip grafis Adreno 630
Layar: 6,42 inci 2340x1080, 401ppi, AMOLED, Panoramic Arc Aspek Ratio 19,5:9.
Dua Kamera Belakang 16MP dan 20MP
Kamera depan: 25 MP
Baterai: 3.730 mAh
RAM: 8 GB
Penyimpanan Internal: 256 GB
OS: ColosOs 5.1 Berbasis Android Oreo 8.1 (age/age)