Samsung 'Serang' Apple dengan Iklan Singkat YouTube

RBC, CNN Indonesia | Senin, 23/07/2018 19:33 WIB
Samsung 'Serang' Apple dengan Iklan Singkat YouTube Ilustrasi. (Foto: CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia -- Genderang perang antara Samsung dan Apple kembali ditabuh. Kali ini, Samsung yang mulai menyerang Apple terlebih dahulu dengan iklan barunya.

Dilansir dari The Verge, Samsung merilis serangkaian iklan singkat untuk mempromosikan ponsel flagship-nya, Galaxy S9. Namun, ketimbang menunjukkan langsung produknya, Samsung lebih memilih untuk menyerang produk kompetitor, Apple agar para penonton lebih tertarik memilih Galaxy S9.

Tiga iklan pendek Samsung dengan konsep parodi ini menampilkan situasi gerai resmi Apple. Ada pembeli yang bertanya kepada petugas berseragam Apple dan membandingkan fitur iPhone dengan Galaxy S9.
Empat iklan pendek berdurasi sekitar 30 detik yang membandingkan beberapa fitur iPhone X dan Samsung Galaxy S9.


Di iklan pertama, Samsung menyindir Apple dari sisi kecepatan download. Petugas Apple kelabakan dan sulit menjawab pertanyaan pembeli. Iklan ini telah ditonton lebih dari 600 ribu putaran.

[Gambas:Youtube]

Iklan kedua, calon pembeli iPhone X bertanya kepada petugas terkait fitur fast charging. Penonton seaakan diingatkan bahwa pengguna iPhone perlu membeli sebuah kabel terpisah untuk dapat menikmati fitur mengisi daya dengan cepat (fast charging).

[Gambas:Youtube]

Iklan ketiga, seorang konsumen menanyakan tentang jack audio yang 'hilang' pada beberapa seri iPhone terbaru. Si pegawai pun berusaha menjelaskan bahwa ia harus membeli adaptor terlebih dahulu apabila ingin menggunakan jack audio ke ponselnya.

[Gambas:Youtube]

Pada terakhir, terlihat bahwa si pegawai Apple berusaha meyakinkan pelanggannya untuk membeli iPhone dengan mengunggulkan kameranya. Namun, ketika pelanggan membandingkan dengan kamera milik Galaxy S9, si pegawai tak mengelak bahwa kamera Galaxy S9 memiliki spesifikasi yang ciamik.

[Gambas:Youtube]

Semua iklan tersebut diakhiri dengan kalimat singkat "Upgrade to Galaxy."

Dilansir dari CNET menyebut pihak Apple tidak segera merespons ketika dimintai komentar tentang hal ini. Iklan tersebut diunggah oleh akun Samsung US beberapa hari lalu.
Rangkaian iklan sindiran yang baru diunggah beberapa hari lalu sebenarnya bukan untuk pertama kalinya. Sekitar dua bulan lalu, akun YouTube yang sama menggunggah video sindiran berdurasi satu menit yang mengkisahkan pengguna iPhone 6 yang mengalami banyak kendala.

Di akhir video akhirnya pengguna iPhone tersebut mengganti ponselnya menjadi Samsung Galaxy S9. (age/age)