Tips Otomotif

Bersihkan Interior Mobil dengan Dana Kurang dari Rp50.000

Febri, CNN Indonesia | Minggu, 29/07/2018 21:34 WIB
Bersihkan Interior Mobil dengan Dana Kurang dari Rp50.000 Interior mobil bisa dibersihkan sendiri oleh Anda di rumah, bahkan dengan biaya tak lebih dari Rp.50.000. (CNN Indonesia/Hesti Rika)
Jakarta, CNN Indonesia -- Akhir pekan bagi sebagian pemilik adalah waktu tepat untuk memperhatikan bagian interior mobil. Ada banyak jenis pekerjaan bersih-bersih yang tidak membutuhkan dana besar, bahkan kurang dari Rp50.000.

Untuk diingat, membersihkan kabin sendiri bisa jadi cara buat pemilik lebih mengenal mobil. Selain itu, beres-beres ringan merupakan tahap awal sebelum melakukan perawatan serius di bengkel perawatan mobil.

Pemilik bisa memilih jenis pekerjaan ringan. Contoh membersihkan kotoran pada pelapis jok berbahan fabric yang cuma butuh sikat gigi, lap kering, air, dan sampo. Di toko, barang-barang itu harganya tidak sampai gocap.



Edi dari rumah modifikasi interior mobil Vertue Concept menjelaskan bahan fabric tersebut cenderung mudah kotor. Sebisa mungkin ketika ada kotoran, misal makanan tumpah, baiknya langsung dibersihkan agar tidak kering dan berkerak.

"Fabric dipilih produsen karena kenyamanannya tetapi untuk iklim seperti di Indonesia, dengan debu yang bertebaran, sangat sulit untuk dijaga tetap bersih dan steril. Pelapis semi-kulit mudah dibersihkan tapi bahan sintetis tidak menyerap panas. Sedangkan kulit mudah dibersihkan, awet, dan perawatan lebih mudah," jelas Edi.

Jenis pekerjaan lain yang bisa dilakukan sendiri oleh pemilik mobil di rumah yaitu membersihkan karpet pelapis. Perlengkapan yang dibutuhkan yaitu sikat halus, air bersih, dan sampo.


Jika kita kerap menjaga kebersihan interior mobil maka bisa meningkatkan kenyamanan berkendara. Kemudian kondisi kabin tetap bersih dan nyaman akan jauh dari sarang kuman.

Modal utama membersihkan kabin pada akhir pekan bukan soal uang tetapi niat dan waktu. Pekerjaan sederhana namun bila dilakukan rutin bisa bikin kabin tetap 'kinclong' dan tentunya jarang main ke salon mobil. (mik/kid)


BACA JUGA